Angkat Budaya Lokal di Mata Dunia, Polda Banten Akan Gelar Seminar Golok Internasional

Serang-Dalam rangka mengangkat budaya lokal, Polda Banten akan menyelenggarakan Seminar Golok Internasional di Mata Dunia di Aula Serbaguna Polda Banten pada Sabtu (12/11) pukul 15.00 WIB. Acara tersebut diselenggarakan untuk mendukung upaya penetapan golok Banten menjadi salah satu warisan Indonesia yang mendunia.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan seminar akan diikuti 13 negara internasional sesuai undangan, “Hadir secara langsung Mr. Olivier Blancquaert dari Belanda. Lainnya mengikuti melalui zoom meeting yaitu Mr. Guillaume Laforast dari Prancis, Linda Turci dari Italia, Marvis Jesus Salgado Reyes dari Amerika Serikat, Sonia Nobre dari Brazil, H. Muh. Hanif dari Malaysia, Walid Abou dari UEA, Wiliam Kelevra dari Mexico dan perwakilan dari negara sahabat lainnya,” kata Shinto pada Jumat (11/11).

Selain dari luar negeri ada juga peserta dari dalam negeri, “Peserta dalam negeri 100 orang yaitu para pecinta golok dan kelompok pencak silat,” tambah Shinto.

Dalam kegiatan ini ada 3 acara yaitu Seminar, Penobatan Tokoh Golok Pusaka Indonesia, dan Pameran Golok Pusaka Ratusan Tahun. “Adapun tujuan akhir dari kegiatan seminar ini adalah golok diakui Unesco sebagai bagian dari pusaka Indonesia,” jelas Shinto.

Dikesempatan ini Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto juga akan merilis buku, “Kapolda Banten juga akan merilis buku Jejak Polda Banten Dalam Melestarikan Golok Pusaka, Sebuah Perjalanan Pelestarian Budaya Adiluhung dari Banten Menuju Eropa, author : Kapolda Banten dan Tim Golok Banten di Mata Dunia,” ujar Shinto.

Terakhir Shinto mengungkapkan terdapat juga undangan dari Nederlanse Pencak Silat Federatie (NPSF) Belanda untuk Kapolda Banten hadir secara langsung dalam kegiatan seminar tentang Traditional Weapons In Connection With The Martial Art of Pencak Silat, acara digelar di Rotterdam Den Haag pada 17-18 Desember 2022, “Akan hadir dalam seminar tentang Traditional Weapons In Connection With The Martial Art of Pencak Silat di Rotterdam Den Haag yakni Ketua Tim Golok Banten di Mata Dunia AKBP Dr. H. Agus Rasyid, Ketua Dewan Pembina Golok Pusaka Indonesia Bpk. Ariyanto alias Ki Kumbang dan Kapolda Banten yang akan dibarengi dengan launching Buku The Golok, author AKBP Dr. Agus Rasyid dan Ki Kumbang,” tutup Shinto. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

http://tribratanews.banten.polri.go.id/cegah-adanya-perang-sarung-anggota-polsek-rangkasbitung-polres-lebak-patroli-dialogis-taman-angklung/

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan pengaturan arus …