Bidhumas Polda Banten Dampingi Tim Divhumas Polri Silaturahmi Kamtibmas Dalam Rangka Kontra Radikal

Serang – Divisi Humas Polri menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka kegiatan kontra radikal dengan tema “Terorisme Musuh Kita Bersama” yang dilaksanakan di Aula Osvia Polresta Serang Kota pada Rabu (16/11).

Dalam kegiatan ini, Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Nugroho Arianto membuka kegiatan ini didampingi Wakapolresta Serang Kota AKBP Wahyu Imam Santoso dan Pejabat Utama Polresta Serang Kota.

Adapun tim dari Divhumas Polri yaitu Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri Kombes Pol Dr. Nurul Azizah, didampingi Kasubbag Berita Ropenmas Divhumas Polri AKBP Gatot Hendro Hartono dan Pamin Subbag Opinev Bagpenum Ropenmas Divhumas Polri Iptu Dwi Restra Widyaningtyas dan juga kegiatan ini dihadiri oleh Tokoh Agama Banten KH. Embay Mulya Syarif, tokoh masyarakat dan mahasiswa.

Dalam sambutannya Nugroho mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap pelaksaanan kegiatan ini dan kepada peserta yang sudah hadir. “Kami sangat mengapresiasi terhadap kegiatan sosialisasi ini karena memamg teroris adalah musuh kita bersama. Kepada para tamu undagan saya juga mengucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktunya hadir disini,” katanya.

Selanjutnya, selaku narasumber Muhammad Sofyan Tsauri membahas tentang Terorisme dan Ekstrimisme di Indonesia. “Terorisme di Indonesia menempati urutan 37 di dunia dan urutan ke 4 di Asia Pasifik setelah Filipina, Thailand dan Myanmar dana score global terrorism indeks 2020. Fenomena radikalisme ini tidak ada batasan pendidikan bisa terjadi pada ekonomi kelas bawah hingga atas, radikalisme ini juga dilakukan sejak paud hingga perguruan tinggi dan sudah mulai masuk pada oknum TNI, Polri, ASN, BUMN serta perusahaan swasta, semuanya semakin mudah karena adanya internet,” jelas Sofyan.

Kemudian Sofyan pun mejelaskan tentang ruang radikalisme. “Ruang radikalisme ini bisa terjadi karena propaganda di media sosial, doktrinasi dalam kelompok, doktrinasi dalam keluarga juga doktrinasi terbuka semua dapat menyebar dan terpengaruh dengan cepat tanpa batas,” ucap Sofyan.

Karena proses penyebaran tentang radikalisme ini sangat cepat menyebar, perlu adanya strategi yang dilakukan untuk mencegah terjadinya radikalisme di Indonesia khusunya di wilayah Banten. “Pencegahan terjadinya radikalisme sangat memerlukan penguatan nasionalisme dan penguatan nilai budaya. Pancasila juga menjadi benteng untuk menangkal ideologi asing karena doktrin Pancasila sangat diperlukan, generasi muda yang berpancasila akan menjadi penjaga eksistensi NKRI. Peran masyarakat juga penting dalam pencegahan, penguatan kemampuan deteksi dini, dan tentunya penguatan ketahanan keluarga juga sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Untuk itu Sofyan berpesan kepada seluruh generasi muda untuk menguatkan nilai Nasionalisme dan fokus kepada cita-cita. “Saya berpesan kepada generasi muda untuk kuatkan nilai-nilai nasionalisme, setia kepada pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, jangan mudah terbuai oleh narasi-narasi di media sosial, belajar agama kepada orang yang tepat, keluarga adalah pondasi utama dan fokus pada cita-cita, realistis,” ujar Sofyan.

Sementara itu, Tokoh Agama Banten KH. Embay Mulya Syarif juga memberikan statement terkait kegiatan ini. “Sosialisasi ini sangat baik karena memberikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat agar jangan sampai terpapar paham radikalisme yang kemudian timbulnya cikal bakal Terorisme. Diharapkan program seperti ini bisa terus dilaksanakan guna memeberikan masukan kepada masyarakat terutama generasi muda agar tidak gampang terpengaruh dengan radikalisme,” tutup Embay. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

http://tribratanews.banten.polri.go.id/cegah-adanya-perang-sarung-anggota-polsek-rangkasbitung-polres-lebak-patroli-dialogis-taman-angklung/

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan pengaturan arus …