Biro Ops Polda Banten Hadiri Rapat Perencanaan Simulasi Penanggulangan Bencana



Serang – Biro Operasi Polda Banten hadiri Rapat Perencanaan Simulasi Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Hotel Horison Ultima Ratu Serang pada Senin (21/03).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Teo Dora, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana, Kabag Kerma Biro Ops Polda Banten AKBP Kukuh Priyo Taruno, Korem 064 MY Letkol Inf Rahman Fikri, Badan Sar Nasional (Basarnas) Anthon serta diikuti oleh seluruh peserta.

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana tahun 2022 yang di gelar oleh Pusdiklat BNPB dilaksanakan di enam lokasi yaitu Provinsi Banten, Provinsi Lampung, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Riau.

Dalam kesempatan tersebut Kabag Kerma Biro Ops Polda Banten AKBP Kukuh Priyo Taruno mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan pemerintah daerah dalam simulasi penanggulangan bencana melalui latihan Table Top Exercise (TTX) dan Commad Post Exercise (CPX),” kata Kukuh.

Kukuh juga menyampaikan, “Cara menguji sistem penanggulangan bencana melalui rencana kontijensi di daerah, peningkatan kapasitas dan sinergitas pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat serta memberikan rekomendasi Standar Operating Procedure (SOP) tanggap darurat di daerah,” ucap Kukuh.

Diakhir, bahwa Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari 21 Maret hingga 23 Maret 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) mencegah penyebaran Covid-19. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Anggota Polsek Rangkasbitung Polres Lebak Patroli Dialogis Sapa Warga Kampung Ciawi

LEBAK,-Anggota Polsek Rangkasbitung Polres Lebak BRIPKA Juremi dan BRIPKA Riki Andriana, melaksanakan giat patroli dialogis …