Dirbinmas Polda Banten: Lomba Kampung Bersih dan Aman Berikan Manfaat Positif Bagi Masyarakat

whatsapp-image-2020-11-26-at-19-15-12

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,SERANG – Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si., hadiri Talk Show Lomba Kampung Bersih dan Aman Kab Serang Tahun 2020 di Graha Pena Radar Banten.

Hadir dalam acara talk show tersebut ialah Kepala Desa Baros Ahmad Suparlan, Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto dan perwakilan juri Widodo.

Di acara talk show tersebut, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si., mengatakan Lomba Kampung Aman dan Bersih dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat.

“Dampak dari Lomba Kampung Aman dan Bersih ini sangat positif bagi masyarakat, dimana dengan adanya lomba ini masyarakat sangat antusias dan terus berinovasi dalam membenahi desa serta bergotoroyong dalam menghadapi pandemi covid-19,” ujar Riki Yanuarfi. Kamis, (26/11/2020).

Riki Yanuarfi menambahkan melalui Lomba Kampung Aman dan Bersih ini juga dapat meningkatkan perubahan perilaku yang signifikan bagi masyarakat.

“Melalui lomba ini sangat memberikan perubahan yang signifikan bagi masyarakat, karena dengan adanya lomba ini masyarakat diajak untuk sadar tentang lingkungannya, sadar tentang kondisi kampungnya. Sehingga potensi masyarakat bisa muncul melalui lomba ini, dan dapat mengubah perilaku masyarakat yang awalnya cuek kini menjadi peduli untuk memelihara kampungnya,” tambah Riki Yanuarfi.

Riki Yanuarfi menjelaskan dengan adanya Lomba Kampung Aman dan Bersih ini dapat meningkatkan peran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Dan lewat Lomba Kampung Aman dan Bersih ini juga dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan melalui pemanfaatan lahan tidur yang berada di kampungnya,” ujar Riki Yanuarfi.

Masih kata Riki Yanuarfi, “Selanjutnya bagi kampung yang juara nanti akan kami jadikan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya untuk diperlombakan di tingkat Nasional,” ucap Riki Yanuarfi.

Terakhir, Riki Yanuarfi juga mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan di kampungnya.

“Dan pesan saya kepada masyarakat, agar selalu memperhatikan protokol kesehatan. Selalu menggunakan masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau Handsanitizer dan menerapkan Physical Distancing atau menjaga jarak,” tutup Riki Yanuarfi.

Ditempat yang terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengapresiasi dengan adanya Lomba Kampung Aman dan Bersih tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi atas dilakukannya Lomba Kampung Aman dan Bersih ini, yang dimana dengan adanya lomba ini dapat menumbuhkan jiwa gotong royong bagi masyarakat,” ujar Edy Sumardi. (Bidhumas)

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …