Ditbinmas Polda Banten Gelar Dialog Kamtibmas, Gugah Kesadaran Masyarakat Cegah Tangkal Aksi Tawuran dan Gangster

Tangerang – Ditbinmas Polda Banten gelar Dialog Kamtibmas bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, bertempat di Aula Kantor Desa Talaga Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang pada Rabu (23/11)

Kegiatan dilaksanakan oleh Kabagbinopsnal Ditbinmas Polda Banten AKBP Zainal Arifin dengan didampingi oleh Kasatbinmas Polresta Tangerang Kompol Supur. Turut hadir juga Wakapolsek Cikupa, Kanit Binmas Polsek Cikupa, Lurah Desa Talaga serta peserta dialog sebanyak 40 orang.

Dalam arahannya AKBP Zainal menyampaikan peran Binmas yaitu melakukan tindakan preemtif dan pencegaha. “Maraknya kejahatan jalanan khususnya tawuran antar kelompok remaja dan geng motor harus menjadi perhatian kita bersama. Dalam hal ini Binmas selaku fungsi Kepolisian yang bertugas diranah preemtif atau pencegahan yang salah satu upayanya dilakukan dengan melakukan dialog kamtibmas bersama masyarakat seperti yg dilaksanakan hari ini,” ujar Zainal

Tujuan dilaksanakan nya kegiatan dialog kamtibmas ini adalah untuk mengajak masyarakat ikut berperan serta dalam upaya memelihara kamtibmas, mencari akar permasalahan kamtibmas yang terjadi dengan melibatkan masyarakat untuk bersama mencari solusi serta memecahkan permasalahan-permasalahan yang timbul.

Diharapkan dengan adanya peran serta masyarakat dalam upaya memelihara kamtibmas, akar permasalahan dari maraknya kejahatan jalanan ini dapat dicegah. Disamping itu diharapkan juga tumbuhnya daya cegah dan tangkal masyarakat agar tidak menjadi pelaku atau korban Kejahatan.

Zainal berpesan kepada para peserta dialog dapat menyampaikan kepada keluarga dan lingkungannya, untuk selalu mengawasi keberadaan anak-anaknya, khususnya sudah beranjak dewasa sehingga keberadaan anak-anak dan kebiasaan pergaulan anak-anak dapat diketahui oleh orang tua masing-masing.

“3 Pilar Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat bersinergi merumuskan kegiatan kepemudaan yang positif dan dapat dilakukan secara rutin untuk memberikan bekal kepada anak-anak maupun remaja sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan yg menyimpang,” kata Zainal

Diakhir, Zaenal berpesan kepada para peserta untuk melakukan kegiatan atau pelatihan kepada para pemuda. “Lakukan kegiatan atau pelatihan kepada para pemuda khususnya yg belum mendapatkan kesempatan kerja agar menjadi bekal keahlian sehingga dapat digunakan untuk memperoleh pekerjaan atau bahkan membuka lapangan pekerjaan,” tutupnya. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Teluknaga Tangerang

TANGERANG – Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Teluknaga, Polres Metro Tangerang Kota berhasil membekuk satu …