Hari Pertama Operasi Zebra 2019, 1.137 Pelanggar Lalu Lintas Kena tilang

img-20191023-wa0075

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Serang - Pada hari pertama operasi zebra Kalimaya 2019, Ditlantas Polda Banten dan jajarannya berhasil menilang sebanyak 1.137 pelanggar lalu lintas dan memberikan 283 teguran kepada pengendara. Hal ini disampaikan langsung oleh Dir Lantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, S.I.K., M.Hum melalui Kasi Tilang Polda Banten Kompol Ketut Sukanta. Rabu, 23/10/2019.

Dari 1.137 tilang dan 283 teguran tersebut dengan rincian diantaranya Ditlantas Polda Banten 54 tilang 5 teguran, Polres Serang 75 tilang 20 teguran, Polres Pandeglang 124 tilang 51 teguran, Polres Lebak 128 tilang 46 teguran, Polres Cilegon 103 tilang 29 teguran, Polres Tangerang 522 tilang 72 teguran, dan Polres Serang Kota 131 tilang 60 teguran.

Dikatakannya, dari keseluruhan pelanggar lalu lintas yang ditilang, kebanyakan dari pengendara sepeda motor. Kesalahan yang dilakukan adalah tidak memakai helm dan juga kelengkapan sepeda motor lainnya.

“hari ini hari pertama kita menggelar razia. Kesalahan yang banyak kita temukan adalah tidak memakai helm dan juga kelengkapan sepeda motor lainnya,” ujar ketut, Rabu (23/10/2019).

Ketut juga mengatakan, razia ini akan digelar sampai tanggal 5 November 2019 mendatang. Ia berharap dengan adanya razia ini para pengendara baik mobil maupun sepeda motor agar dapat melengkapi kelengkapan kendaraannya.

“Kami berharap pengendara tidak hanya dalam masa operasi zebra ini saja melengkapi kelengkapan kendaraannya. Tapi, untuk selamanya. Kelengkapan ini tujuannya juga untuk kebaikan pengendara itu sendiri,” jelasnya.

Lanjut ketut, untuk pengendara yang melakukan pelanggaran, diberikan dua opsi. Opsi pertama bisa membayar denda tilang langsung pada Bank, sementara itu untuk opsi kedua bisa melalui persidangan di kantor Pengadilan Negeri.

“Pelanggar bisa memilih sendiri, jika mengakui kesalahannya, ia bisa langsung membayar denda ke Bank sesuai kesalahannya. Selain itu juga bisa melalui sidang ke Pengadilan Negeri sesuai jadwal yang diberikan,” pungkasnya.

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …