Kapolda Banten Jadi Key Note Speech dalam Sosialisasi Bagi Penyuluh Agama

SERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto menjadi Key Note Speech dalam kegiatan Sosialisasi PBM Nomor 9 dan 8 tahun 2006 bagi penyuluhan agama yang diselenggarakan di salah satu hotel yang ada di Kota Serang, Rabu (07/04/2021).

Acara Sosialisasi ini merupakan inisiasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) provinsi Banten yang diketuai oleh K.H Romli yang juga sebagai ketua MUI provinsi Banten dan dihadiri oleh kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Prof Dr. Nanang Faturohman, PJU Polda Banten dan para pemuka agama yang ada di provinsi Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan bahwa saat ini bangsa kita gencar disusupi paham-paham radikal terorisme dan aksi intoleran yang mengancam stabilitas negara.

Paham ini tercermin pada sikap ekstrim yang menghendaki perubahan secara cepat dan mendasar dan fundamental melalui tindakan berupa teror ancaman kekerasan dan tindakan anarkisme terhadap negara.

“Berbicara mengenai radikalisme, terorisme dan aksi intoleran, memang tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada sekelompok orang yang menganut faham ini dengan melakukan tindakan terorisme, namun demikian kita juga harus memahami latar belakang sejarah dan permasalahannya,” ucap Rudy Heriyanto.

Kapolda juga menjelaskan, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, paham-paham radikalisme, terorisme dan intoleran sudah masuk ranah dunia maya.

“Penyebaran ini berupa doktrinisasi melalui media sosial facebook, instagram, whatsapp groups dan penggunaan media mainstream lainnya yang merupakan tempat strategis yang menyasar generasi muda,” jelas Kapolda.

Oleh karena itu, Rudy berharap peran aktif dari seluruh masyarakat dan para tokoh agama akan sangat membantu tugas-tugas Kepolisian, terutama dalam melakukan deteksi dini guna mewaspadai munculnya gerakan-gerakan paham ini yang dapat memicu terjadinya konflik sosial yang lebih luas.

“Dengan latar belakang tersebut, saya sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengantisipasi dan menanggulanginya,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, Kapolda mengatakan ada beberapa langkah dan tindakan yang perlu kita lakukan bersama seperti kenali individu dan kelompok yang mengajak intoleransi, bentengi keluarga dan lingkungan dengan pemahaman agama yang baik, laporkan kepada pihak berwajib apabila menemukan ada yang terpapar paham radikalisme, terorisme dan intoleransi di lingkungan keluarga atau tempat tinggal.

Terakhir Rudy mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan para narasumber.

“Saya yakin dan percaya, kiranya materi yang akan disampaikan dapat bermanfaat dalam mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran paham-paham radikalisme terorisme dan intoleransi,” tutupnya.

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …