Konferensi Polwan Sedunia ke-58, Polda Banten Kirim Empat Perwakilan

Serang – Konferensi Polwan Sedunia ke-58 atau The International Association of Women Police (IAWP) Conference ke-58 Tahun 2021 resmi digelar pada Sabtu (06/11) di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan akan berlangsung selama 6 hari hingga Jumat (12/11).

Polda Banten ikut berpartisipasi dalam agenda internasional ini dengan mengirimkan empat Polwan terbaiknya yaitu Kepala Bagian Pengendalian Operasi (Kabagdalops) Biro Operasi AKBP Kam’ndyah, Kepala Bagian Perawatan Personel (Kabagwatpers) Biro SDM AKBP Hj. Widya Andriani, Kepala Bagian Pembinaan Operasional (Kabagbinops) Satuan Brimob AKBP Maya Heny Hitijahubessy dan Kepala Sub Bagian Psikologi Personel (Kasubbagpsipers) Bagian Psikologi Biro SDM Kompol Desi Rasyita.

AKBP Kam’ndyah mengatakan Indonesia merupakan negara tuan rumah pertama di Asia sejak berdirinya asosiasi ini pada tahun 1915. “Kita boleh berbangga bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia karena merupakan negara tuan rumah pertama di Asia sejak berdirinya asosiasi ini pada tahun 1915 dan kegiatan ini juga menjadi ajang promosi wisata Labuan Bajo kepada seluruh dunia,” ujar Kam’ndyah diselah kegiatan, pada Senin (08/11).

Adapun tema yang di angkat dalam Konferensi Polwan Sedunia tahun ini adalah “Women at The Center Stage of Policing” dengan lima sub tema meliputi : Women, Peace and Security, Women and Leadership, Police Women and Their Challenges, The Role of Women in Policing, Science, Technology and Policing, Current Issues on Transnational Crimes.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 13 negara yang hadir langsung dan 35 negara yang mengikuti secara virtual. Total peserta keseluruhan sekitar 900 polwan baik dari Indonesia maupun negara lainnya.

Peserta dari Indonesia sendiri, terdiri dari perwakilan dari masing-masing Polda dan Satuan di Mabes Polri. Perwakilan ini juga berasal dari berbagai tingkat kepangkatan dan bidang pekerjaan.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan juga di hadiri Kadivhubinter Polri IJP Johni Asadoma, Wakapolda Kalteng BJP Ida Oetari dan Kapusjarah Polri BJP Apriastini Bakti Bugiansri.

Terakhir Kam’ndyah menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga akan dibahas bagaimana polisi wanita yang ada di dunia memperjuangkan kesetaraan gender. “Kegiatan ini juga bisa yang menjadi masukan baik untuk peningkatan kesetaraan gender di kanca internasional dan khususnya di Indonesia” pungkasnya.

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …