MBB Orasi Minta Managemet Perusahaan Hilangkan Calo Rekrutment Naker February 22, 2024 admin News 0

Setidaknya seratusan massa menamakan kelompoknya Masyarakat Banten Bersatu (MBB) Kamis 22/02-2024 terkonsentrasi di Pasar Tambak Kibin. Mereka gelar aksi ber-Orasi meminta mangemant perusahaan khususnya di kawasan industri Serang Timur untuk tidak menggunakan calo perekrutan tenaga kerja. Aksi itu dikawal aparat keamanan unsur TNI/Polri dari Koramil Kasat Samapta,Kasat pamobvit, Kasat intelkam Polres Serang dan Kapolsek polsek Cikande bersama anggota lainnya.

Ketua Presidium MBB, Rahmatulloh, dalam orasinya menekankan ;  Bahwa organisasi MBB, adalah organisasi kolektif kolegial yang terdiri dari beberapa organisasi massa, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang bersatu bergandengan untuk mengwujudkan kemaslahatan masyaratan, mencegah dan membrantas kemunkaran” Solidaritas tanpa batas”. Oleh karena itu hari ini kami meminta untuk menghentikan praktik percaloan yang diduga terjadi selama ini di dalam internal perusahaan yang ada di wilayah Serang Timur antara dua kecamatan Cikande dan Kibin Serang-Banten yang sudah berlansung secara ter-struktur,sistematis dan masif. Ucapnya.

Disampaikan dalam orasinya pihaknya akan menghentikan percaloan tenaga kerja oleh internal perusahaan dengan pelaku yang sudah terstruktur dan sistematis memakan korban sedemikian banyak dengan nilai nominal yang pantastis. Selain itu, MBB hadir untuk memptioritaskan warga pribumi baik warga desa penyangga, wilayah kecamatan,Kabupaten/kota, dan wilayah Banten umumnya untuk menjadi karyawan/ti, tanpa harus membayar.

“Kami ingin membuktikan bahwa MBB serius untuk membrantas praktek percaloan tenaga kerja, karena selama puluhan tahun sampai sekarang, belum ada tindakan menghentikan percaloan itu ditengah internal perusahaan. Padahal 70% penerimaan tenaga kerja dilakukan secara terstruktur dan sistematis oleh internal perusahaan dengan calo”.ucap Rahmatulloh.

Diakui, memang hal itu tidak dapat dibuktikan karena setiap karyawan yang sudah diterima mendapat intimidasi supaya tidak buka suara dan disodorkan formulir pernyataan “tidak ada biaya atau nol nominal diterima bekerja”. Itu menjadi alibi dan legal standing bagi mereka untuk terus melanggengkan praktik percaloan itu. Padahal uang rekrut naker itu sangat pantastis dan pariativ. Ada yang 37 jt,25,20,15,10 dan 9 jt rupiah setiap satu orang. ” Itu informasi dari mereka yang sudah bekerja diperusahaan itu. Kan sudah tidak manusiawi, untuk bayar calo itu, ada yang sampai jual sawah gadai harta benda dan minjam uang ke rentenir. Dengan nominal uang itu sama saja mereka bekerja rodi selama 6 bulan. Kasihan mereka. Jika hanya sekedar uang sukarela dan seiklasnya kita juga maklum”. ungkap, Romeo panggilan  akrab Rahmatulloh.

Ditegaskan Romeo Management Perusahaan diminta untuk tidak lagi  menggunakan praktik percaloan dalam merekrut pekerja,dengan pola yang sudah sistematis, terstruktur dan masif, Sehingga pencari kerja dijadikan pasar. Artinya, kata Rahmatulloh, siapa yang punya uang bisa beli dan masuk kerja sesuai harga yang sudah ditentukan para calo. Ujarnya.

“Kami sudah audensi dengan Aparat Penegak Hukum Polda Banten maupun Polres Serang menyepakati untuk sama-sama membrantas praktik percaloan tenaga kerja. Apabila masih didapat dan terbukti percaloan dan meminta uang untuk masuk kerja pelaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku”. tandasnya. Terakhir Romeo mengatakan; pihaknya akan menyisir semua perusahaan yang ada kawasan industri diwilayah Serang Timur untuk berkomitment menghentikan atau menghilangkan praktik percaloan dan bersepakat Rekrutment tenaga kerja Nol Nominal, tidak ada pungutan serupiahpun.(M.M).

About admin

Check Also

Pastikan Aman Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak dan TNI Giat Patroli dan Berikan Himbauan Di Wisata Pantai Kalapa Warna

LEBAK – Ciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif personil Polsek Panggarangan Polres Lebak bersama …