Menjemput Hidayah, Tausyiah Bersama Kabag Ops Polres Pandeglang di RRI Banten

Pandeglang – Kabag Ops Polres Pandeglang Kompol Yogie Roozandi menjadi narasumber dalam program Mutiara Pagi Tausyiah Bersama Polri yang diselenggarakan Radio Republik Indonesia (RRI) pada Selasa (31/01) sekitar pukul 05.00 Wib.

Dalam kesempatan ini Yogie membawakan tausyiah dengan tema Menjemput Hidayah. “Hidayah adalah petunjuk dari Allah SWT,  Allah mengutus para Nabi dan Rasulnya untuk menyampaikan hidayah kepada seluruh umat manusia. Allah juga menurunkan kitab-kitab kepada para Nabi sebagai pedoman sekaligus petunjuk bagi umat manusia,” kata Yogie.

Kemudian Yogie menjelaskan pengertian hidayah yang berasal dari bahasa Arab. “Hidayah ini berasal dari kata Al-hayyu maknanya adalah bimbingan hidup perilaku atau jalan, ada dua macam bentuk hidayah yaitu Al Hidayah dan Al Irsyad, membaca Al-quran memahami arti dan mengamalkannya yang juga dalam Al-quran karena salah satu hikmah Al-quran adalah sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa kemudian berdoa dan meminta hidayah,” tambah Yogie.

Terakhir Yogie menerangkan bahwa hidayah memiliki dua unsur. “Hidayah memiliki dua unsur, yakni petunjuk kepada apa yang diharapkan dan disampaikan dengan ungkapan kasih sayang atau lemah lembut (luthfun). Jadi, setiap petunjuk yang tidak diberikan dengan kasih sayang mengindikasikan bahwa itu bukan hidayah secara hakiki dan bisa jadi hanya sekedar arahan biasa,” tutup Yogie. (Wie/Red)

 

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …