Pengusulan Golok Banten Go UNESCO, Tim Golok Banten Kunjungi Walikota Serang

Pengusulan Golok Banten Go UNESCO, Tim Golok Banten Kunjungi Walikota Serang

Serang  Sebagai bentuk keseriusan untuk wujudkan Golok Banten diakui UNESCO, Tim Golok Banten melaksanakan koordinasi kepada Walikota Serang H. Syafrudin yang bertempat di Kantor Walikota Serang pada Senin (13/02) sekitar pukul 13.30 Wib.

Hadir dalam kunjungan tersebut selaku Tim Golok Banten Dirtahti Polda Banten AKBP Agus Rasyid, Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa, dan Koordinator Tim Ahli Golok Indonesia Ariyanto, S.H atau Ki Kumbang.

Dalam hal ini, Dirtahti Polda Banten AKBP Agus Rasyid menjelaskan jika Golok Banten sedang dalam proses pendaftaran ke UNESCO sebagai budaya warisan dunia. “Kita harus masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga kami meminta kepada Pemerintah Kota Serang agar dapat mendukung proses pengajuan Golok Banten sebagai warisan dunia dengan menyediakan museum sebagai salah satu syarat pengajuan Golok Banten ke UNESCO,” ucapnya.

Kemudian Agus juga mengatakan bahwa perjalanan pengusulan Golok Banten telah banyak dilakukan. “Kami telah berupaya sosialisasikan Golok Banten kepada masyarakat bahkan kami juga telah melakukan kunjungan ke Negara Belanda sebagai bentuk pengenalan Golok Banten menjadi warisan dunia,” tambah Agus.

Dari beberapa persyaratan yang diajukan oleh UNESCO, Polda Banten sudah memenuhi 3 persyaratannya. “Golok ini akan menjadi icon Banten. Untuk pendaftaran tetap dilakukan oleh pemerintah pusat, kami disini hanya sebagai inisiator saja maka dari itu peran Pemerintah Kota Serang sangat penting dalam proses pengusulan Golok Banten ke UNESCO,” terang Agus.

Selanjutnya, Executive Director of APCE-UNESCO C2C Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa mengungkapkan Golok Banten sebagai karya yang luar biasa di wilayah Banten untuk diusulkan menjadi warisan budaya dunia. “Ada 12 titik sebaran golok di wilayah Banten, kami meminta peran pemerintah Kota Serang agar dapat membantu memenuhi persyaratan yang diminta oleh UNESCO, salah satunya adalah menyediakan Museum Golok Banten di Kota Serang dan begitupun dititik lainnya, secara berkala kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Serang terkait perkembangan pengusulan Golok Banten,” ungkap Ignasius.

Walikota Serang H. Syafrudin menyambut baik kunjungan ini dan berusaha untuk membantu proses kelengkapan persyaratan pengusulan Golok Banten menjadi warisan budaya dunia. “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi Tim Golok Banten yang sudah berkerja keras mendaftarkan Golok Banten menjadi warisan budaya dunia. Kita akan fasilitasi keperluan yang dibutuhkan, segera cek lokasi yang diminta untuk dijadikan museum dan segera buat surat untuk pengajuannya,” tutup H. Syafrudin.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …