Polda Banten Hadiri Dialog Interaktif Sosialisasikan Kampung Bersih dan Aman 2019

whatsapp-image-2019-11-13-at-15-18-19

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Serang - Direktur binmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskito, S.H., SIK, M.Si yang diwakili oleh kasubdit bhabinkamtibmas ditbinmas polda banten Akbp Meriyadi, S.p hadiri kegiatan dialog Interaktif dalam program acara Talkshow kampung bersih dan aman 2019 di studio utama Banten Raya TV Graha Pena Radar Banten Jalan Kol. TB Suwandi, Lintas Baru, Kota Serang, Rabu (13/11/2019) pukul 10.00 WIB.

kasubdit bhabinkamtibmas ditbinmas polda banten Akbp Meriyadi, S.p didampingi beberapa narasumber lainnya, yaitu kepala dinas pemberdayaan masyarakat daerah (DPMD) Kabupaten Serang Drs.Rudi Suhartanto,M.SI, direktur bidang pendidikan dan kampanye lingkungan lsm rekonvasi BHUMI Rizal Fauzi,M.Pd.

Dipandu oleh Host Banten raya TV Ratu Fitri, kasubdit bhabinkamtibmas ditbinmas polda banten Akbp Meriyadi, S.p menyampaikan bahwa kampung aman adalah suatu kondisi dimasyarakat yang bebas dari gangguan fisik maupun psikis, bebas dari kekhawatiran, keraguan, dan ketakutan, dilindungi dari segala macam bahaya serta kedamaian ketentraman lahiriah maupun batiniah.

“kampung aman ini perlu kesadaran dan kekuatan masyarakat dalam mencegah, menangkal, menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat dalam menjalankan kegiatan kehidupannya,”terangnya.

Kemudian Akbp Meriyadi mengatakan kriteria kampung aman yaitu tidak ada masyarakat yang tekena tindak pidana kejahatan, Bebas narkoba, bebas kekerasan dalam rumah tangga, adanya siskamling, masyarakat yang sadar hukum, tidak ada tawuran dalam masyarakat, masyarakat tidak mempekerjakan anak dibawah umur, tidak ada tindak pelecehan seksual, bebas dari kekerasan terhadap anak.

“Dalam penilaian kampung aman yang dinilai yaitu pertama program yang dimiliki kampung dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kedua keberhasilan kampung dalam menjaga kamtibmas, ketiga keberhasilan kampung dalam menciptakan kader yang sadar hukum, keempat keberhasilan kampung dalam mencegah dan peredaran narkoba, kelima tersedianya sarana dan prasarana siskamling, keenam keberhasilan dalam mencegah terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tangga dan anak-anak, ketujuh memiliki kelompok kader sadar hukum, ” Ujarnya.

Terkahir Akbp Meriyadi menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan supaya aman tertib dan tentram

“Menjaga keamanan bukan hanya tugas kepolisian, namun menjaga keamanan adalah tugas kita bersama semua,” Ujarnya.

Sementara itu dinas pemberdayaan masyarakat daerah (DPMD) Kabupaten Serang Drs.Rudi Suhartanto,M.SI, mengatakan tujuan kegiatan kampung bersih dan aman ini Menghadirkan kampung dengan lingkungan bersih, sehat, mandiri, dan aman sehingga dapat terwujudnya lingkungan layak huni.

“Target peserta ini yaitu 326 RW dan akan dinilai sampai final, diharapkan setelah lomba dapay Menggaungkan masyarakat bergerak kampung bersih, aman, dan tertib.” Katanya.

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …