Polda Banten Menghadiri Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77

Serang – Kepala Kepolisian Daerah Banten (Kapolda) Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menghadiri upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tingkat Provinsi di Lapangan Masjid Raya Al-Bantani (KP3B) pada Rabu (17/8) sekitar pukul 08.00 wib

Dalam Upacara tersebut dihadiri Gubernur Banten Dr. Al.Mutakbar, Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kapolda Banten Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Danrem 064 MY/III Siliwangi Brigjen TNI Yuniarto, Ka BNN Banten Brigjen Pol Tantan Sulistyana, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Setda Provinsi Banten M. Tranggono, Pejabat Utama Polda Banten, OPD Provinsi Banten dan para peserta upacara.

Setelah 2 tahun mengikuti upacara pengibaran bendera secara virtual, untuk pertama kalinya diadakan kembali secara langsung pengibaran bendara di wilayah Banten dengan bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan patriotisme serta melatih kedisiplinan dan memiliki makna penghormatan atas jasa para pahlawan Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Selanjutnya meski masih masa pemulihan penerapan protokol kesehatan tetap diperhatikan, tidak mengurangi khidmatnya prosesi pengibaran bendera pusaka terutama saat Al Muktabar selaku inspektur upacara menyerahkan sang saka merah putih kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Uniknya, pada momen sakral seperti ini Rudy Heriyanto berkesempatan bertugas sebagai pembaca Teks Pancasila dan Yunianto bertugas sebagai pembacaan Undang-undang Dasar 1945.

Dalam moment upacara kali ini Al Muktabar mengatakan memiliki pesan moral tersendiri bagi mahasiswa dan pelajar mari perjuangkan para pejuang kita dangan sekemampuan kita bersama, “Maka penting bagi kita untuk memberikan penghargaan dan pengorbanan bagi para pahlawan yang sudah berjuang sebagai generasi muda untuk bangkit dan membuktikan bahwa di 77 tahun ini tentu banyak hal – hal yang sudah dicapai, sampai saat ini pertumbuhan Indonesia harus bangkit dan kita akan melanjutkan visi dan misi dari Presiden RI yang telah dilaksanakan di Provinsi Banten tentunya kepada Gubernur Banten,” kata Al Muktabar.

Sementara itu Rudy mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-77 Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dan berharap setiap pemuda senantiasa berjiwa ksatria, memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga dan memelihara Republik Indonesia. “Saya berharap setiap pemuda generasi penerus bangsa agar senantiasa berjiwa ksatria, memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus menjaga dan memelihara kemerdekaan dengan semangat patriotisme dan cinta tanah air sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu. Bahwa kemerdekaan yang diperoleh bukanlah merupakan hadiah namun penuh dengan perjuangan yang acapkali diwarnai dengan pertumpahan darah para pejuang,” ucap Rudy. (Bidhumas).

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …