Polda Banten Segera Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa, Ini Kriterianya

Serang-Bidhumas Polda Banten segera menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 yang diselenggarakan pada 10 Desember mendatang. Kegiatan itu sekaligus dalam rangka momentum peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia.

Hal ini dikatakan Kabidhumas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga setelah mengikuti Vicon bersama Divhumas Polri pada Rabu (24/11). Lomba orasi piala Kapolri ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya,”Memberikan wadah atau ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku,” ungkap Shinto Silitonga.

Shinto Silitonga mengatakan,”Adapun tema yang diusung adalah Memperingati Hari Hak Asasi Manusia, sementara, subtema acara tersebut bersifat bebas atau dengan kata lain peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun,” ucap Shinto Silitonga.

Shinto Silitonga menambahkan, kegiatan ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari hak asasi manusia. Hal itu sebagaimana dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum,”Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum,” ujar Shinto Silitonga.

Shinto Silitonga menjelaskan,”Untuk teknis lomba orasi itu nantinya akan melalui proses seleksi di tingkat Polda yang nantinya akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri. Seluruh unsur elemen masyarakat pun boleh ikut dalam kegiatan ini. Mulai dari mahasiswa, buruh, tani dan elemen lainnya. Lomba ini terdiri dari 1 tim berisikan 5-15 orang,” jelas Shinto Silitonga.

Selanjutnya Shinto Silitonga menyampaikan tentang kriteria penilaian,”Untuk kriteria penilaian yaitu fokus kepada materi dan orasi unjuk rasa, persiapan penyampaian, kekompakan, teatrical dalam orasi, atribut unjukrasa dan peserta terdiri minimal 5 orang atau maksimal 15 orang,” ucap Shinto Silitonga. (Bidhumas)

Terakhir Shinto Silitonga mengatakan untuk memperingati hari hak asasi manusia (HAM) Polda Banten membuka pendaftaran lomba orasi piala Kapolri yang diadakan Divhumas Polri,” Polda Banten akan membuka pendaftaran peserta lomba orasi piala Kapolri dimulai 25 sampai dengan 30 November, pendaftaran dapat menghubungi IPDA Rizqi Muhammad Fadil (+62 811-994-430) dan drg. Hasan Abdul Azis (+62 811-1130-375) atau bisa juga peserta mengisi formulir secara online melalui https://forms.gle/gEsSqKW39CjkkqrF7,” tutup Shinto Silitonga.

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …