Polda Banten Update Kondisi Terkini Arus Balik Pada H+4 Idul Fitri 1443 H


Cilegon-Wakapolda Banten BJP Ery Nursatari pada Jumat (06/05) pagi 09.00 Wib melakukan pengecekan persediaan BBM di SPBU Cikuasa Atas, Merak bersama dengan Dirut PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution yang didampingi Direktur Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga Rivai Siahaan serta Executive General Manager Regional Jawa Barat dan Banten (JBB) Waljiyanto.

Wakapolda Banten mengungkapkan jika Polda Banten dan Pertamina Regional JBB sudah berkoodinasi jauh hari sebelum Lebaran sehingga dipastikan suplai BBM bagi pemudik yang kembali ke Jawa dari Sumatera tersedia ketika melintas di wilayah Banten.

“Polda Banten telah berkoordinasi sejak lama mempersiapkan kesediaan BBM kepada pemudik dan pengunjung wisata saat Lebaran sehingga kami optimis tidak ada permasalahan yang signifikan dalam penyediaan BBM hingga akhir arus balik yang diprediksi pada Minggu (08/05) nanti,” ujar Ery.

Pasca cek suplai BBM di SPBU Cikuasa Atas, Wakapolda Banten langsung melakukan pengecekan arus balik baik di pintu masuk tol Merak hingga ke Pelabuhan Merak. “Sepanjang pantauan, tidak terlihat kepadatan pada pintu masuk tol Merak, pertigaan Tanjung Gerem, Jalan Cikuasa atas hingga dermaga 1-7 Pelabuhan Merak,” tambah Ery.

Sementara itu Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan sesuai data, pada Kamis (05/05) selama 24 jam telah tiba 111.214 penumpang dengan menggunakan Pelabuhan Merak juga Pelabuhan Pelindo di Ciwandan, Cilegon. “Angka ini mengalami peningkatan signifikan, yaitu 42.297 penumpang atau 61,3% bila dibanding jumlah penumpang pada Rabu (04/05) yaitu sebanyak 68.917 penumpang,” kata Shinto.

Kemudian jumlah kendaraan pada Kamis (06/05) juga mengalami peningkatan dari 15.044 unit pada Rabu (05/05) menjadi 24.720 unit, naik 9.676 unit atau 64,3%. “Dari pintu tol Cikupa, sesuai data pada Kamis (05/05) telah melintas keluar Tol Cikupa arah Jakarta sebanyak 50.170 unit dan kendaraan yang masuk ke Tol Merak sebanyak 18.873 unit,” tambah Shinto.

Kabid Humas Polda Banten menjelaskan jika konsentrasi pengamanan kegiatan masyarakat oleh personel Polda Banten sampai saat ini tetap ke destinasi wisata. “Dilaporkan siang ini juga dalam kondisi padat dalam pengaturan personel dengan rekayasa lalu lintas one way traffic secara situasional,” ucapnya.

Terakhir, Polda Banten terus menghimbau pengendara dan pengunjung wisata agar senantiasa mengutamakan keselamatan dan disiplin prokes dalam beraktivitas. “Apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat arus balik dan berwisata di wilayah hukum Polda Banten dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Bidhumas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …