Polres Serang Gelar Rapat Koordinasi Eksternal Operasi Lilin Maung 2022

Serang – Menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polres Serang melaksanakan rapat kordinasi (Rakor) eksternal Operasi Lilin Maung 2022 di gedung Polres Serang pada Kamis (15/12).

Rapat eksternal tersebut dihadiri Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, ASDA 1 Pemkab Serang Nanang Supriyatna, Paur Kodim 0602 Serang Lettu Ramdhani serta para Pejabat Utama Polres Serang, Kapolsek jajaran serta instansi terkait lainnya.

Kapolres AKBP Yudha Satria mengatakan kegiatan rakor lintas sektoral ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki dari tahun sebelumnya demi terciptanya suasana kamtibmas perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Serang yang aman dan kondusif.

“Kegiatan rapat koordinasi eksternal ini merupakan upaya kita dalam menjaga situasi agar perayaan Nataru berjalan lancar aman dan kondusif,” kata Yudha.

Yudha berharap agar semua pihak berperan dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta tetap waspada terhadap segala ancaman yang akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dalam menjaga kamtibmas yang kondusif, Polri tidak bisa bekerja sendiri, perlu adanya kebersamaan dari semua pihak,” tegas Yudha.

Masih soal kamtibmas, kata Kapolres, hal lain yang perlu diantisipasi oleh anggotanya yaitu kejahatan jalanan yang dilakukan sekelompok pelajar, baik SMP ataupun SMA. Brandal jalanan telah menganggu kemanan dan ketertiban masyarakat.

“Kemudian, berandalan bermotor kita tidak menyebut geng motor karena tidak setiap geng motor jelek. Paska ujian semester, dikhawatirkan terjadi aksi tawuran pelajar dan dimungkinkan aksi berandal jalanan akan meningkat,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres menambahkan dalam Ops Lilin Maung 2022, pihaknya akan menurunkan 160 personil, belum termasuk personil TNI dan instansi terkait lainnya. Dalam Ops Lilin Maung 2022 Polres Serang juga akan mendirikan 4 Pospam dan 1 Pos Pelayanan.

“Keempat pospam berada simpang Ciruas, gerbang tol Ciujung, Pasar Tambak dan simpang Asem Cikande. Sedangkan untuk Pos Pelayanan berada di Kawasan Modern Cikande,” terangnya.

Di tempat yang sama, ASDA 1 Pemkab Serang Nanang Supriyatna mengatakan bahwa situasi kamtibmas setiap tahun berbeda. Oleh karena itu, rapat kordinasi eksternal ini perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dari tahun sebelumnya.

“Kita harus memperhatikan tren mobilitas masyarakat yang mengalami peningkatan karena bersamaan dengan waktu libur sekolah. Harapan kita Ops Lilin Maung 2022 ini berjalan dengan aman dan lancar,” tutupnya. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Anev Operasi Ketupat Maung 2024 Bidang Lalu Lintas Polda Banten

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten telah melaksanakan Operasi Ketupat Maung 2024. Operasi Ketupat ini berlangsung …