Polres Serang Ikut Ramaikan Festival Bedolan Bendungan Pamarayan Dalam Rangka HUT Kabupaten Serang

852240260_205053
TRIBRATANEWS POLDA BANTEN – SERANG – (12/10/2017) Dalam Festival Bedolan Bendungan Pamarayan tahun 2017 ini bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Serang yang Ke – 491, Polres Serang dalam hal ini juga dilibatkan untuk memeriahkan acara tersebut, selain melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan acara Festival Bedolan Pamarayan, Polres Serang juga disediakan Stand Pameran oleh Panitia penyelenggara acara yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tugas-tugas kepolisian sehari – hari.

Tradisi rakyat Banten sangatlah menarik, misalnya saja tradisi bedolan Pamarayan. Bedolan ini dimanfaatkan sebagai pemeliharaan aliran kanal di Pamarayan, Kabupaten Serang.

Setahun sekali bendungan yang saat ini terletak di Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang ini diperbaiki. “Bedolan” sendiri memiliki arti mengeringkan saluran air untuk pemeliharaan. Mungkin saja ada semen yang retak, ada pasangan batu yang keropos, hal yang menarik dari tradisi bedolan Pamarayan ini, masyarakat gembira dan antusias, rupanya akan banyak ikan yang mabuk akibat ombak dan turbulensi yang kuat. Berduyun-duyun, rakyat mengambil ikan-ikan itu sebagai bentuk pesta rakyat.

photo_2017-10-12_12-55-51

Wakapolres Serang Kompol Heri Sugeng, S.I.K mengatakan bahwa, “mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Serang yang telah mengadakan acara Hiburan Rakyat ini, dengan diadakan nya acara ini bisa mempersatukan warga masyarakat , khususnya masyarakat Kabupaten Serang agar lebih Solid dalam menjaga dan melestarikan cagar budaya bendungan ini”, begitu ucapnya.

Penulis : Ganzar. u

Editor : Kompol Muridi

Publish : Bripka Syarif. H

About

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …