Tingatkan Keterampilan, Personel Satbrimob Polda Banten Ikuti Pelatihan Pilot Drone


Serang – Guna mengasah keterampilan dan meningkatkan kemampuan, personel Satbrimob Polda Banten Operasi Amole ll BKO Polda Papua ikuti latihan pengoperasian Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau yang dikenal dengan drone di lokasi hanggar drone satlat Brimob Cikeas Bogor pada Minggu (06/03).

Latihan yang diikuti oleh perwakilan dari Brimob seluruh nusantara ini meliputi pengenalan drone, cara mengoperasikan berikut cara merawatnya, pengetahuan mengenai aturan penerbangan dan keselamatan drone di samping standardisasi kemampuan terbang dasar drone itu sendiri.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan jika hal tersebut dilakukan untuk menunjang tugas.

“Tugas Brimob Polri kedepan yang semakin kompleks memotivasi kami, para pasukan elite Polri untuk meningkatkan keterampilan diri. Untuk itu, kami terus mengasah keterampilan personel dengan seringnya latihan, sesuai dengan motto kami yaitu Tiada Hari Tanpa Latihan,” kata Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho juga menjelaskan jika keterampilan menggunakan alat drone juga dibutuhkan untuk tugas ISR (intelligence, surveillance, reconnaissance).

“Fungsi drone itu kan untuk untuk merekam video maupun pengambilan foto dari atas, jadi drone ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengintaian sebelum berlaga di medan tempur seperti untuk mendeteksi benda yang dicurigai sebagai bom, mencari keberadaan musuh/lawan yang bersembunyi atau yang lainnya,” ucap Dwi Yanto Nugroho.

Lanjutnya, “Kita bisa melihat langsung pergerakan musuh/lawan melalui video/foto yang ditampilkan drone oleh operator dari jarak yang aman”.

Dwi Yanto Nugroho berharap personel yang mengikuti latihan tersebut nantinya dapat menjadi penjuru (pembimbing dan pengarah) di daerah tugasnya masing-masing. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …