Peran Cek Fisik Kendaraan Bermotor Dalam Pelayanan Regident Ranmor oleh Anggota Satlantas Polres Serang

Polres Serang – Pelayanan publik terkait Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor diatur dalam UULAJ dimana tugas tersebut dilaksanakan oleh kepolisian melalui sistem manajemen Regident ranmor dan digunakan sebagai forensik . Ketentuan lebih lanjut diatur pada Perkap 07 tahun 2021 tentang Regident Ranmor. (Selasa 28/05/2024)

Akuntabilitas Sat lantas Polres serang dalam pelayanan regident ranmor berpedoman regulasi yang berlaku (constitutum). baik penerbitan bpkb sebagai kepemilikan kendaraan bermotor maupun Stnk sebagai pengoperasionalan kendaraaan ranmor. Hal ini demi menjamin kepastian hukum terhadap harta benda masyarakat.

Sebelum proses penerbitan Bpkb dan stnk. Ada tahap pemeriksaan cek fisik kendaraan oleh petugas sat lantas polres serang sebagaimana di amanatkan dalam UULAJ, PP55 tentang Kendaraan, PERPRES 05/2015 TTG SAMSAT, PERPOL 07 /2021 TTG REGIDENT RANMOR. Pemeriksaan tersebut wajib memenuhi aspek kelengkapan dan fungsi keselamatan sesuai standar keselamatan nasional selanjutnya verifikasi data manual maupun digital dengan fisik ranmor terperiksa kemudian dilakukan nya perekaman nomor rangka dan nomor mesin.

Kanit Regident Ipda Patria N. Vinutama STrk, M.H. menjelaskan dan menghimbau kepada wajib pajak atau pemohon proses penerbitan BPKB dan Stnk bahwa ” Fungsi cek fisik kendaraan bermotor yang dituangkan dalam hasil pemeriksaan cek fisik ranmor sebagai forensik yang dijadikan alat bukti dalam pembuktian tindak pidana selain syarat wajib atas perubahan identitas pemilik , identitas kendaraan dan perpanjangan stnk . Dalam pelaksanaan nya kami berpedoman pada Perkakor 01 tahun 2023 tentang SOP cek fisik ranmor ”

Peran pemeriksaan cek fisik ranmor diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran maupun kejahatan lalu lintas sehingga terciptanya rasa tentram dan nyaman di jalan raya.

About Admin Tribratanews

Check Also

Personil Polsek Cirinten Polres Lebak laksanakan strong poin di jln Raya Cirinten-Bojong Manik

Lebak – Personil Polsek Cirinten Polres Lebak Bripka Rio Karya Umbara dan Bripka Bait Mutaqqin …