Sidokkes Polresta Tangerang Polda Banten Gelar Penyuluhan Kesehatan

IMG-20241003-WA0166

TANGERANG – Dalam rangka meningkatkan kepedulian diri terhadap masalah kesehatan dan pertolongan pertama kondisi darurat, Sidokkes Polresta Tangerang Polda Banten menggelar acara Penyuluhan Kesehatan dengan materi Cara Mengatasi Serangan Jantung dalam kehidupan sehari-hari dan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), pada hari Kamis (03/10/2024) bertempat di Aula Parama Satwika Mapolresta Tangerang.

Kegiatan ini diikuti personel Bhabinkamtibmas Polsek jajaran, Satlantas, serta personel Polresta Tangerang. Selanjutnya kegiatan dibuka oleh Kabag Ren Polresta Tangerang, AKP Dodin Awaludin serta dimoderatori oleh Dokter Rizal Wiryakusuma dari Sidokkes Polresta Tangerang.

Penyampaian materi yang pertama yaitu tentang pertolongan pertama pada penyakit jantung dalam kehidupan sehari-hari oleh Dokter Hatta Alinuddin Putra dari Ciputra Hospital, terkait dengan penyebab penyakit jantung, faktor resiko, gejala dan pertolongan pertamanya.

Sementara materi yang kedua disampaikan oleh NS. Farly Ihsan dari RS Drajat Prawiranegara Serang tentang Pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD), yaitu tentang tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu.

Selain itu juga tentang praktek pelatihan kegawatdaruratan seperti penanganan cidera, patah tulang, hingga pertolongan pada kasus korban kecelakaan.

Kasi Dokkes Polresta Tangerang, Asep Hidayat AMK menyampaikan, tujuan dari penyuluhan tersebut tentunya untuk meningkatkan pengetahuan dan sebagai antisipasi para personel tentang salah satu penyakit tidak menular yang cukup berbahaya yaitu jantung, serta agar para petugas Satlantas yang ada dilapangan dapat memberikan pertolongan pertama secara benar ketika ada kejadian di lapangan.

Kegiatan diikuti sekitar 50 personel dan berjalan dengan lancar. Para peserta juga nampak antusias diharapkan ilmu yang diterima dapat diimplementasikan manakala mendapati kejadian yang membutuhkan pertolongan pertama kegawatdaruratan.

About Admin Tribratanews

Check Also

Wakapolresta Tangerang Polda Banten Sampaikan Penerapan Ilmu Bahagia Dalam Binrohtal Personel

TANGERANG – Polresta Tangerang melaksanakan kegiatan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) pada Kamis (03/10/2024) bertempat …