Bangun Sinergitas, Ditbinmas Polda Banten Laksanakan Pembinaan Kepada Pokdarkamtibmas di Kabupaten Tangerang



Tangerang – Bangun sinergitas, Ditbinmas Polda Banten gelar pembinaan kepada Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kecamatan Pasar Kemis, Rajeg, dan Cisoka. Dalam rangka pembinaan polisional untuk menciptakan masyarakat yang sadar hukum jelang Bulan Suci Ramadhan bertempat Aula Polsek Pasar Kemis Polresta Tangerang pada Jum’at (01/04).

Kegiatan dipimpin oleh Kasubdit Binpolas AKBP Adhi Chandra beserta Staf. Turur hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Banten Bapak Johny El Ganif,
Kapolsek Pasar Kemis Kompol Maryadi, Ketua Pokdarkamtibmas Kecamatan Pasar Kemis Bapak Ba’i Suryadi, Ketua Pokdarkamtibmas Kecataman Rajeg Bapak Rusman Edi, Ketua Pokdarkamtibms Kecamatan Cisoka Bapak Sumaryanto,
Perwakilan anggota Pokdarkamtibmas Kecamatan Pasar Kemis, Rajeg dan Cisoka sebanyak 25 orang.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kapolsek Pasar Kemis Kompol Maryadi. “Pokdarkamtibmas di wilayah Polsek Pasar Kemis, Rajeg dan Cisoka selalu rutin melaksanakan kegiatan cipta kondisi kamtibmas antisipasi tindak kriminalitas dan gangster yang sedang marak dan alhamdulillah saat ini membuahkan hasil positif dengan menurunnya tingkat kejahatan di Daerah Hukum Polsek Pasar Kemis, Rajeg dan Cisoka,” ujarnya.

“Menjelang bulan suci ramadhan kerawanan yang perlu diantisipasi oleh rekan-rekan Pokdarkamtibmas adalah tradisi perang sarung dan balap liar yang biasa terjadi setelah sholat tarawih sampai setelah sahur (pagi hari),” imbuh Maryadi.

Kemudian, di tempat yang sama Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Banten Johny El Ganif
Menyampaikan kepada peserta bahwa, “Kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Banten sudah resmi dibentuk dan SK kepengurusan sudah ditandatangani oleh Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional dan Kakorbinmas Baharkam Polri,” ungkap Johny.

“Memang benar terkait dengan kerawanan pada bulan suci ramadhan, namun sedikit saya tambahkan dengan saat ini aturan untuk mudik lebaran sudah diperbolehkan lagi oleh Pemerintah dengan salah satu persyaratan sudah melakukan vaksinasi. Maka antusiasme masyarakat akan sangat besar sehingga dimungkinkan banyak perumahan-perumahan yang kosong ditinggal pemilik nya untuk melaksanakan mudik lebaran. Hal ini harus diantisipasi oleh kita semua khususnya aparatur keamanan dan Pokdarkamtibmas,” tambah Johny.

Lebih lanjut, Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Banten AKBP Adhi Chandra turut menyampaikan
Terkait dengan Tupoksi Subditbinpolmas.

“Subdit Binpolmas memiliki tugas untuk melaksanakan pembinaan kemampuan pengembangan fungsi Polmas, organisasi kemasyarakatan, komunitas dan pengembangan sistem keamanan lingkungan. Terkait dengan tupoksi Subdit Binpolmas tersebut, Pokdarkamtibmas Bhayangkara merupakan salah satu organisasi mitra Polri yang harus terus dibina dan dievaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatannya, sehingga sejalan dengan kebijakan Pimpinan Polri dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman masyarakat,” ucapnya.

Akbp Adhi Chandra menjelaskan, “Kegiatan Pokdarkamtibmas harus terencana dengan berkoordinasi dengan satuan kewilayahan mulai tingkat Polda, Polres dan Polsek dan menyesuaikan dengan kalender kamtibmas juga peta kerawanan atau intel dasar dimasing-masinf satuan kewilayahan. Untuk pelaksanaan tugas dilapangan Pokdarkamtibmas juga wajib bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa sehingga kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarkamtibmas dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.” tutupnya. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Teluknaga Tangerang

TANGERANG – Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Teluknaga, Polres Metro Tangerang Kota berhasil membekuk satu …