Bekali Strategi Polmas, Ditbinmas Gelar Tatap Muka Dengan FKPM Wilayah Kecamatan Cilegon



Cilegon – Dalam rangka menjalin sinergitas polisional antara Bhabinkamtibmas dan Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKPM), Ditbinmas Polda Banten dalam hal ini dilaksanakan oleh Kasubdit Binpolmas AKBP M. Adhi Chandra gelar tatap muka dengan FKPM di wilayah Kecamatan Cilegon di Kantor Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, pada Selasa (25/01)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cilegon Bapak Idad Musadad, Kasat Binmas Polres Cilegon AKP Hadi Subeno serta anggota FKPM wilayah Kecamatan Cilegon berjumlah 50 orang.

Digelarnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada anggota FKPM, guna mewujudkan masyarakat yang memiliki kemampuan deteksi dini, cegah dini dan problem solving.

Mengawali sambutannya, Adhi Chandra mengatakan bahwa sinergitas Polri dan Masyarakat harus terjalin erat, dalam upaya terselenggaranya pembangunan nasional.

“Polri tidak bisa begerak sendiri tanpa andil dari masyarakat dalam upaya harkamtibmas, kemitraan antara Polri dan masyarakat harus dipadukan demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, tentunya melalui FKPM,” ujar Adhi Chandra.

“Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota Polri untuk membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk- bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat, melalui kegiatan tatap muka ini,” sambung Adhi Chandra.

Lanjut kemudian, Adhi Chandra memberikan pemahaman terkait strategi Polmas, untuk diimplementasikan di lapangan oleh anggota FKPM.

“Polmas atau Pemolisian Masyarakat mampu mendorong terciptanya suatu kerjasama antara Polri dengan masyarakat dalam menghadapi suatu permasalahan yang terjadi,
dan bersama-sama berupaya menemukan cara penyelesaiannya,” kata Adhi Chandra.

“Pendekatan Polmas dapat dilakukan dengan bertatap muka serta bincang-bincang dengan anggota masyarakat yang dikunjungi. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk mendapatkan informasi tentang masyarakat dan permasalahan yang terjadi di dalamnya, atau untuk dapat memberikan arahan, informasi, atau pembinaan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap Kamtibmas. Sasaran yang terutama adalah para tokoh atau pemimpin suatu komunitas, maupun orang-orang yang dianggap memiliki pengaruh terhadap suatu komunitas ataupun wilayah tertentu dalam masyarakat,” imbuhnya.

Sambung Adhi Chandra, adanya pendekatan itu dimaksudkan agar diperolah informasi dari segala lapisan masyarakat, dan akhirnya Polri akan mendapatkan informasi yang lebih akurat sebagai bahan untuk mengambil tindakan.

Adhi Chandra juga menyampaikan, bahwa sesuai arahan Dirbinmas dalam rangkan menciptakan kemitraan dengan masyarakat, Ditbinmas Polda Banten selaku pembina Fungsi Binmas Polri di Jajaran Polda Banten harus memberdayakan dua kelompok yaitu Polri dengan masyarakat di lapangan, agar melayani masyarakat secara lebih dekat dan teratur. Artinya masyarakat harus diberdayakan sehingga tidak lagi semata-mata sebagai objek dalam penyelenggaraan Fungsi Kepolisian melainkan sebagai subjek yang turut menentukan dan mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan tertib bagi ketentraman dan keselamatan hidup mereka bersama, yang difasilitasi oleh petugas Kepolisian yang berperan sebagai petugas Polmas dalam suatu kemitraan. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …