Bidkeu Polda Banten Hadiri Rapat Mengenai Stakeholder Day 2022

Serang – Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda Banten menghadiri rapat mengenai Stakeholder Day 2022 dalam rangka service exellent evaluasi pelaksanaan APBN 2022 dan Asset lialility Commite (ALco) Regional di Kantor Kanwil Serang Banten pada Selasa (15/11).

Kegiatan ini diikuti oleh Kasubiddalverif Bidkeu Polda Banten Kompol Melinda Berliana Efendi didampingi Bripka Haerudin.

Dalam kesempatannya Melinda menjelaskan tentang tiga indikator IKPA dengan capaian terendah, “Pertama adalah deviasi tiga hal DIPA, indikator ini dihitung berdasarkan rata-rata kesesuaian antara realisasi anggaran terhadap RPD bulanan pada setiap jenis belanja, pemutakhiran RPD pada halaman III DIPA yang disampaikan oleh Satker paling lambat pada hari kerja ke sepuluh awal triwulan, kemudian yang kedua yaitu capaian output, indikator ini dihitung berdasarkan komposit dari komponen ketetapan waktu dengan bobot 30% dan capaian RO dengan bobot 70%, dan yang ketiga adalah penyerapan anggaran, indikator ini dihitung berdasarkan rata-rata nilai kinerja penyerapan anggaran pada setiap triwulan nilai kinerja diperoleh dari rasio antara penyerapan terhadap target penyerapan, kata Melinda.

Definisi dari ALco adalah struktur ALco pada tingkat Provinsi yang memiliki hubungan kerja dalam mendukung peran ALco pada tingkat pusat memalui asupan data dan informasi yang bersifat lokal dan regional, output ALco regional berupa laporan ALco regional yang disusun setiap bulan dan publikasi atau prescon APBN KITA.

Diakhir, Melinda menerangkan bahwa acara berjalan dengan lancar dan kondusif, “Alhamdulillah acara rapat telah dilaksanakan dengan lancar tidak ada kendala apapun, harapannya semoga dengan adanya rapat ini pengelolaan anggaran dapat lebih sistematis, dan terus berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP),” tutup Melinda. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Ciwandan Polres Cilegon, Patroli Malam Minimalisir Kegiatan Di Luar Rumah

Cilegon – Dalam Rangka Mencegah  tindak Kejahatan Pada Malam Hari Khususnya Geng Motor,Personil Polsek Ciwandan …