Biro SDM Polda Banten Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Seleksi Sekolah Inspektur Polisi



Serang-Polda Banten melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani (Samjas) seleksi SIP (Sekolah Inspektur Polisi) tahun 2022 di Lapangan Hijau Polda Banten pada Kamis (03/02).

Tes kesamaptaan jasmani merupakan satu dari sekian banyak tes yang harus ditempuh Bintara Polri sebelum dinyatakan lulus pendidikan lanjutan untuk menjadi Perwira.

Samjas ini diikuti oleh 238 personel, yang terdiri dari 8 Polwan dan 230 Polki. “Untuk tes Samjas dilaksanakan 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan kemarin Rabu (02/02) diikuti oleh 140 personel yang terdiri dari 8 Polwan dan 132 Polki. Kemudian gelombang kedua dilaksanakan hari ini yang diikuti 98 personel Polki,” ujar Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Muh. Dwita Kumu Wardana.

Tes Samjas yang di uji terdiri dari Samapta A yakni Lari 12 Menit dan Samapta B yang terdiri Pull Up, Shit Up, Push Up dan Shuttle Run.

Karo SDM juga menjelaskan bahwa tes ini adalah salah satu bagian dari tes penerimaan SIP dimana peserta harus melewati tahapan seleksi, dan salah satunya adalah kesamaptaan jasmani ini. “Diharapkan para peserta yang mengikuti tes ini dapat lulus semuanya dengan nilai yang bagus, serta bisa melewati tahap-tahap setelah jasmani ini dilaksanakan”, ungkapnya.

“Saya harapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti tes untuk tetap serius serta tanamkan rasa optimisme didiri anda semuanya. Supaya pada akhirnya membuahkan hasil yang baik,” tutup Muh. Dwita.

Terakhir Muh. Dwita menambahkan jika pelaksanaan tes hari ini berjalan dengan lancar. “Pelaksanaan tes seleksi SIP berjalan dengan lancar serta dilaksanakan dengan (BETA) Bersih, Transparan Akuntabel dan Humanis,” tutup Muh. Dwita.

Dalam pelaksanaannya, tes Samjas ini tetap melaksanakan Prokes dimana sebelum mengikuti kegiatan peserta telah di swap tes Covid-19. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …