Biro SDM Polda Banten Laksanakan Ujian CAT Psikologi Penerimaan Bintara Polri


Serang- Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Banten melaksanakan ujian Computer Assisted Test (CAT) Psikologi dalam rangka penerimaan terpadu Bintara Polri tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Serang  Pada Rabu (12/05).

Palaksanaan CAT Psikologi dipimpin oleh  Karo Logistik Polda Banten Kombes Pol Chiko Ardwiatto dan wakil ketua tim adalah Kabag Psikologi Biro SDM Polda Banten Akbp Ahli Rumekso dengan melibatkan pengawas Eksternal maupun Internal yang meliputi Tim Ahli IT Cyber Ditreskrimsus Polda Banten, Ahli IT Ditintelkam Polda Banten, Tim Itwasda Polda Banten, Tim Bidpropam Polda Banten, Tim Himpunan Psikologi Banten, ahli IT Universitas Banten Jaya, serta LSM Pemuda Pancasila.

Saat ditemui Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Muh Dwita Kumuh Wardhana mengatakan bahwa pelakasaan CAT Psikologi ini dibagi menjadi empat lokasi yaitu SMAN 1 Ciruas, SMKN 1 Kota Serang, SMKN 2 Kota Serang, dan SMAN 3 Kota Serang.
“Kegiatan ini berlangsung dibagi menjadi 2 gelombang, dimulai dari gelombang pertama jam 06.00 WIB dan gelombang kedua pada pukul 14.00 WIB,” ujar Karo SDM.

Adapun rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan CAT Psikologi dimulai dari apel pengecekan, cek suhu tubuh, pengumpulan surat keterangan swab antigen, scan barcode peduli lindungi, pembagian username password CAT, absen peserta, pengecekan barang bawaan dan setelah semua lengkap peserta memasuki laboratorium pada masing-masing lokasi ujian.

Karo SDM menjelaskan dalam pelaksanaan CAT Psikologi seluruh calon siswa harus mengerjakan seluruh soal terdiri dari soal keceradan, kepribadian kecermatan dan Pass Hand dengan waktu ujian selama 3 jam.

“Setelah peserta tes melaksanakan ujian dan menekan tombol ahiri maka nilai hasil ujian langsung tampil dilayar monitor dan hasilnya akan langsung diumumkan pada saat itu. Hasil yang keluar murni dari capaian masing-masing peserta,” ujar Karo SDM.

Karo SDM memastikan seluruh tahapan seleksi dilakukan dengan prinsip BETAH Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis dan  tidak dipungut biaya sepeserpun. Semua Murni hasil dari kerja keras masing-masing peserta.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi seleksi penerimaan personel Polri. Segera laporkan jika ada oknum yang mengaku dapat membantu proses seleksi dengan meminta uang. Seluruh test murni dengan mengandalakan kemampuan sendiri,” tutur Kombes Pol Muh Dwita Kumuh Wardhana. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …