Blanko SIM (Surat Ijin Mengemudi) di Seluruh Polres Habis

l
TRIBRATANEWS POLDA BANTEN –
Masyarakat yang melakukan permohonan surat izin mengemudi (SIM) di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Serang banyak yang kecewa karena blangko habis dan mereka diberikan surat keterangan izin jalan (SKIJ).

“Kami kehabisan blangko pemohonan SIM sudah dua hari ini, dan untuk sementara diberikan SKIJ (surat keterangan izin jalan) sebagai penggantinya baik untuk perpanjangan maupun membuat baru,” kata Bagian Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Serang, Bripka Lamusu, di Serang, Selasa (25/07).

Lamusu mengatakan pihaknya sudah menerima pemberitahuan habisnya material SIM dari Korlantas Polri dan hal ini tidak hanya terjadi di Satlantas Polres Serang saja, tetapi juga hampir semua daerah di Indonesia.

“Material SIM habis karena sedang tahap lelang dan di seluruh Indonesia ditangani langsung oleh Korlantas Polri, sehingga jika Satlantas Serang kehabisan meterial SIM di daerah lain juga mengalami hal sama,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Serang, AKP Lucky Permana, S.I.K.

Kendati demikian, Satlantas Serang hingga sekarang masih melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri terkait pengiriman material SIM baru. Namun, pihaknya hanya bisa menunggu kapan blangko SIM itu akan dikirim ke Serang.

Oleh karena itu, masyarakat yang melakukan permohonan SIM untuk sementara diberikan SKIJ agar tidak terjaring razia petugas di jalan. Satlantas setelah itu, akan memberitahu masyarakat atau pemohon SIM jika material baru sudah datang untuk menukarkan di Kantor Satlantas.

Masyarakat pemohon SIM tidak perlu khawatir dengan memegang SKIJ karena surat itu berlaku tidak ada batasnya. Masyarakat dapat menukarkan SKIJ yang sudah ada nomor SIM itu, dengan material SIM baru.

“Kami sejak kehabisan material SIM sudah mencetak sebanyak 200 lembar SKIJ untuk diberikan kepada pemohon. Jumlah SKIJ terus bertambah hingga bahan SIM datang dari pusat,” katanya.

Editor : Kompol P. Winoto

Penulis : Opr. Satlantas

Publish : Bripka Syarif. H

About

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …