Dikunjungi Seba Baduy, Kapolda Banten : Ini Suatu Penghormatan Kepada Saya

KOTA SERANG – Puluhan masyarakat Baduy Kunjungi Rumah Dinas Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Kedatangan perwakilan masyarakat Baduy ke Rumah Dinas Kapolda Banten merupakan undangan langsung dari Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho. Minggu, (23/05/2021).

Adapun kedatangan perwakilan masyarakat Baduy tersebut disambut langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama Istri serta didampingi oleh Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, Kabid Humas Polda Banten dan Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadit Purnomo.

Saat ditemui, Jaro Saija mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang telah menerima secara langsung kedatangan masyarakat Baduy di Rumah Dinasnya.

“Alhamdulillah kami diterima baik oleh Bapak Kapolda Banten dan Ibu, kami mengucapkan terimakasih,” katanya.

Jaro Saija menjelaskan bahwa masyarakat Baduy baru pertama kali di undang oleh Kapolda Banten dalam upacara Seba Baduy.

“Kami mengadakan upacara Seba tahunan, baru sekarang lah Bapak Kapolda Banten mengundang kami. Mudah-mudahan Bapak Kapolda Banten yang sekarang dicurahkan berkah selamat, subur dan makmur. Dan kami merasa bangga telah di undang Bapak Kapolda Banten,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan bahwa kedatangan perwakilan masyarakat Baduy ke Rumah Dinasnya merupakan suatu penghormatan.

“Saya merasa terhormat sekali kehadiran para sesepuh dari adat Baduy, dan ini merupakan suatu penghormatan bagi saya sebagai Kapolda didatangi para sesepuh dan para Jaro di Rumah Dinas saya,” ujar Rudy Heriyanto.

Rudy Heriyanto menjelaskan bahwa ia sengaja mengundang perwakilan masyarakat Baduy ke Rumah Dinasnya bertujuan untuk bersilaturahmi dengan para Sesepuh adat Baduy.

“Saya meminta supaya diadakan silaturahmi ini pada saat adanya Seba Baduy. Pertama-tama saya ingin kenalan, saya ingin silaturahim dengan para sesepuh dari adat Baduy. Dan sekaligus bertukar pikiran dalam rangka kita bisa mencari solusi yang selama ini belum bisa diselesaikan,” imbuh Rudy Heriyanto.

“Dan sejak awal saya menjabat saya langsung sowan kepada sesepuh-sesepuh yang ada di Baduy, itu menunjukkan bahwa saya sangat peduli sekali dengan warga Baduy,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Hudaya selaku Pengamat Budaya Baduy mengapresiasi inisiatif Kapolda Banten untuk mengundang masyarakat Baduy ke Rumah Dinasnya.

“Ini adalah sejarah baru, seingat saya baru kali ini seorang Kapolda berinisiatif untuk mengundang delegasi keseluruhan (orang Baduy) langsung kerumah dinasnya. Ini sesuatu yang luar biasa dan sejarah terpecahkan hari ini. Semua delegasi Seba di undang kerumah dinas Kapolda,” ucapnya.

“Dan sejak zaman sebelum Polda, masih Polwil belum pernah terjadi. Dan Alhamdulillah hari ini delegasi masyarakat Baduy di undang secara langsung oleh Kapolda Banten,” tutupnya. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …