Dirlantas Polda Banten Dampingi Kakorlantas Polri Tinjau Pelabuhan Merak


Cilegon – Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi beserta rombongan dari Korlantas Polri melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Merak Banten pada Rabu (30/03) siang.

Rombongan Kakorlantas Polri tiba di kantor PT.ASDP Cabang Merak disambut oleh Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Kepala BPTD VIII Wilayah Banten Handjar Dwi Antoro, GM PT.ASDP Cabang Merak Lutfi Pratama dan Wadirlantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael beserta pejabat utama Ditlantas Polda Banten.

Bertempat diruang VVIP PT. ASDP Cabang Merak Kakorlantas menerima Paparan dari masing-masing instansi terkait arus mudik Lebaran.

Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi menyampaikan bahwa  Kunjungan hari ini yaitu dalam rangka pengecekan kesiapan pengamanan operasi Ketupat tahun 2022 .

“Saat ini kami melakukan pengecekan dan melihat langsung kelapangan untuk dapat mempersiapkan angkutan lebaran lebih awal. Agar melakukan sekenario pengalihan jalur pada saat situasi darurat seperti kejadian bencana alam atau hambatan di sebabkan oleh cuaca yang kemungkinan bisa menghambat jalur mudik.

Kakorlantas Polri juga menambahkan agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat secara cepat intens apabila ada perubahan kebijakan, agar masyarakat dapat mengetahui segela informasi

“Saya meminta kepada seluruh intansi agar dapat mensosialisasikan seluruh informasi dan kebijakan yang diambil pemerintah, sehingga seluruh masyarakat dapat mengetahui informasi tersebut dan mempersiapkan pada saat akan melaksanakan perjalanan,” ujar Kakorlantas.

Dalam kesempatan tersebut Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto menyampaikan 5 isu strategis.

“Dalam pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri ada 5 isu strategis  terkait dengan pengamanan operasi angkutan lebaran yaitu Cuaca dan bencana alam, Lonjakan pergerakan orang (arus mudik), Lonjakan menuju kawasan wisata, Menekan pertumbuhan covid-19 dan Program vaksinasi,” ujar Dirlantas.

Dirlantas Polda Banten juga menyampaikan akan menerapkan beberapa cara untuk memperlancar arus menuju ke Pelabuhan Merak.

“Kita harus mengakomodir antara masuk dan keluar kendaraan agar bisa berjalan lancar dengan menerapkan beberapa pola cara bertindak dilapangan baik dijalur menuju ke Pelabuhan Merak maupun jalur menuju kedaerah Wisata. Kami juga sudah membentuk Tim Satuan Tugas Pengurai Kemacetan (Satgas Raicet),”papar Dirlantas Polda Banten.

Dalam kesempatan tersebut General manajer General Manager PT.ASDP Cabang Merak Lutfi Pratama memaparkan tentang situasi dan kondisi Pelabuhan.

“Penyebrangan Merak pada Mudik Hari Raya Idul Fitri 2021 (1442 H) baik sarana dan prasarana dan informasi cuaca dari BMKG. PT. ASDP Cabang Merak memastikan pelaksanaan Angkutan Idul Fitri Tahun 2021 berjalan secara aman, lancar, nyaman, tertib dan selamat dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19,” ujar Lutfi Pratama.

Setelah mendengarkan paparan tersebut Kakorlantas beserta rombongan melakukan pengecekan keseluruh fasilitas Pelabuhan dan dermaga yang dimiliki ASDP Cabang Merak. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Lewat Sambang, Bhabinkamtibmas Polsek Cileles Polres Lebak Ajak Warga Wujudkan Situasi Kamtibmas Yang Aman Kondusif

Lebak – Giat sambang merupakan salah satu tugas rutin Bhabinkamtibmas, yakni dengan melaksanakan kunjungan kepada …