Dirlantas Polda Banten Paparkan Strategi Pelayanan Jalur Mudik dan Wisata Saat Libur Idul Fitri


Serang- Suasana mudik tahun ini diprediksi jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, lonjakan mobilitas masyarakat yang melintas ke Sumatera
akan mencapai puncak pada 28-30 April 2022, dan destinasi wisata akan dipenuhi pada sekitar 2-7 Mei 2022. Menghadapi ini. Dirlantas Polda Banten Kombes Pol. Budi Mulyanto telah menyiapkan strategi penanganan jalur mudik dan wisata di wilayah hukum Polda Banten.

Kombes Pol Budi Mulyanto mengatakan bahwa kepadatan jalur tol dan jalan arteri akan mendapat prioritas penangangan, dimulai dari gerbang tol Cikupa dan depan Perumahan Citra Raya sampai di Pelabuhan Merak. “Untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan dari Jakarta menuju Merak melalui jalur tol dan arteri, Polda Banten akan melakukan pemantauan dari CCTV dan drone secara periodik, drone bahkan dapat  mengukur panjang antrian kendaraan. Skenario kuning dan merah jika terjadi kepadatan arus lalulintas akan direalisasikan dengan rekayasa lalulintas seperti  buka tutup tol Cikupa, contra flow, himbauan pengendara memanfaatkan rest area yang ada, dan pelibatan personel dalam Satgas Pengurai Kemacetan,” ujar Budi.

Budi Mulyanto menjelaskan penanganan skenario kemacetan dalam klasifikasi hijau, kuning dan merah. “Untuk situasi hijau kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal, untuk situasi kuning terjadi antrian kendaraan sampai dengan keluar Pelabuhan Merak, dan untuk situasi Merah Pelabuhan Merak padat, adanya antrian sampai dengan pintu tol Merak, “ujarnya.

Dalam mengatasi kepadatan tersebut Dirlantas Polda Banten mengatakan akan melakukan pengamanan yang maksimal. “Jika terjadi kemacetan seperti halnya pada situasi merah akan ada penambahan jumlah personel yang mengatur, akan ada penyekatan kendaraan mobil di Fly Over Cikuasa Atas, pos sekat akan melakukan buka tutup kendaraan, dan akan melakukan rekayasa lalu lintas kendaraan jalur tol arah merak di arahkan ke jalur Arteri melalui Cilegon Timur,”katanya.

Selanjutnya Budi Mulyanto menambahkan. “Untuk situasi kuning jika terjadi antrian kendaraan sampai dengan Pelabuhan Merak akan ada penambahan personel yang mengatur lalu lintas, dan akan ada penyekatan kendaraan mobil di Fly Over Cikuasa Atas, sedangkan jika situasi hijau kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal personel siaga di Pos dan melaksanakan Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali),”ujarnya.

Selain itu juga Dirlantas Polda Banten  telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi dan mempersiapkan pengamanan yang berorientasi pada kenyamanan masyarakat yang akan menghabiskan waktunya di tempat destinasi wisata di wilayah Banten, Polda Banten akan memberlakukan ganjil-genap untuk kendaraan yang melintas khusus pada destinasi wisata baik di Cilegon, Pandeglang dan Lebak. “Pelaksanaan  kegiatan pengamanan wisata dimulai sejak 27 April 2022 hingga 8 Mei 2022, untuk mengantisipasi Kemacetan maka kami akan memberlakukan ganjil genap khususnya dijalur-jalur wisata, seperti yang pernah diberlakukan sebelumnya pada akhir tahun 2021 lalu untuk kenyamanan para pengunjung,” tutur Dirlantas.

Terahir Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol. Shinto Silitonga menginformasikan  apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Humas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …