Ditresnarkoba Polda Banten Talk Show Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba

Serang – Ditresnarkoba Polda Banten laksanakan talk show tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba di radio RRI Banten 94,9 FM pada Rabu (19/10).

Kabagbinops Ditresnarkoba Polda Banten AKBP Irwansyah mengatakan penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila disalahgunakan atau tanpa pengawasan,” kata Irwansyah.

Irwansyah mengatakan penguna narkoba di wilayah Banten tinggi, “Penggunaan narkoba di wilayah Banten menduduki rangking 14 dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan jumlah 177.553 orang dan didominasi oleh anak muda,” ucap Irwansyah.

Irwansyah menambahkan jenis narkotika yang banyak digunakan di wilayah Banten, “Jenis narkotika yang banyak digunakan adalah sabu, ganja, dan obat-obatan terlarang, dan dari data yang didapatkan pengguna narkotika paling banyak adalah berusia diatas 20 tahun dan biasanya tidak mempunyai pekerjaan dan tingkat ekonomi menengah bawah,” ujar Irwansyah.

Irwansya mengatakan Polda Banten mempunyai beberapa program dalam penanggulangan penggunaan narkoba, “Polda Banten mempunyai beberapa program dalam penanggulangan penggunaan narkoba adalah dengan penegakan hukum hingga ke jaringan paling bawah yang melakukan penyalahgunaan narkotika,” tambah Irwansyah.

Dalam penyalahgunaan narkotika mempunyai efek dan kerugian, “Dari penyalahgunaan narkotika mempunyai efek dan kerugian bahwa pelaku narkoba yang sudah menjadi pecandu, akan melakukan berbagai cara agar bisa membeli barang haram, hingga melakukan pencurian untuk membeli narkoba,” kata Irwansyah.

Irwansya menjelaskan penjualan obat terlarang sudah gampang dijumpai, “Penjualan obat terlarang sudah gampang dijumpai disekitar kita contohnya bisa diperjualbelikan melalui media sosial yang kita gunakan sehari-hari,” tambah Irwansyah.

Irwansyah menuturkan Penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila disalahgunakan atau tanpa pengawasan, “Narkoba sebagai musuh negara, kami tidak bosan menyampaikan bahaya narkoba kepada masyarakat luas, bahaya narkoba tidak mengenal orang, tempat, dan waktu serta peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk saling bahu-membahu menyikapi bahaya narkoba, karena narkoba mempunyai dampakl yang sangat berbahaya. Selain tidak baik untuk kesehatan pengaruh buruk narkoba sangat banyak sekali. Jika masyarakat mempunyai informasi penyalahgunaan narkoba segera laporkan kepada pihak berwajib,” tambah Irwansyah.

Terakhir Irwansyah menjelaskan jika Ditresnarkoba Polda Banten terus melakukan pembinaan terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan narkoba. Seperti melakukan sosialisasi dan penyuluhan di sekolah maupun daerah yang rawan peredaran narkoba, “Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, mencegah generasi muda dan anak usia sekolah dalam penyalahgunaan narkoba, serta mari untuk bersama-sama berantas peredaran narkoba,” tutup Irwansyah (Bidhumas).

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …