Evaluasi Kinerja Personel, Ditbinmas Gelar Rapat Anev Giat Opsnal Fungsi Binmas Semester II

SERANG,Suronews.com – Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto pimpin kegiatan rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) giat opsnal fungsi Binmas Polda Banten semester II Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Rupatama Polda Banten pada Senin (21/11).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabagbinopsnal AKBP Zainal, Kasubdit Binsatpam/polsus AKBP Tri Laksono, Kasubdit Bhabinkamtibmas AKBP Andaryoso, Kasubdit Polmas AKBP M. Adhi Chandra, serta diikut oleh para Kasat Binmas Polres jajaran serta personel Ditbinmas Polda Banten.

Dalam sambutanya Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto menyampaikan bahwa Polri sesuai dengan tugas pokoknya merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). “Selain Harkamtibmas juga menegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri,” kata Sofwan.

Fungsi binmas dalam Harkamtibmas di bidang preemtif harus siap mengamankan program prioritas nasional. “Fungsi Binmas harus siap mengamankan program prioritas nasional dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural menuju indonesia maju,” ucap Sofwan.

Sofwan juga menjelaskan pada hakekatnya keberadaan fungsi binmas di masyarakat telah memberikan legitimasi tersendiri bagi Polri, “Dengan demikian melalui kegiatan anev ini diharapkan fungsi binmas dapat melakukan revitalisasi peran, tugas dan tanggung jawab binmas Polri sebagai pengemban fungsi Preemtif dalam program prioritas Kapolri Presisi,” jelas Sofwan.

Untuk diketahui, Kapolri juga menekankan terkait 10 Program Quick Wins, salah satunya adalah optimalisasi Pemolisian Masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Dirbinmas juga menekankan agara personel pengemban fungsi binmas mampu memberdayakan potmas yang ada sebagai langkah preemtif dalam harkamtibmas.

Ditbinmas selaku fungsi pembina pada tingkat polda dapat mengefektifkan tugas preemtif melalui proses manajerial mulai dari tingkat pimpinan secara Top-Down, “Pimpinan dapat mengarahkan Kasat Binmas untuk mampu menganalisa dan membagi tugas secara komprehensif serta beban tugas harus disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas petugas, ” ujar Sofwan.

Dikesempatan yang sama Sofwan berharap Bhabinkamtibmas agar dapat melaksanakan tugas pokoknya, “Mulai dari deteksi dini, melaksanakan kegiatan door to door system atau kunjungan serta giat problem solving,” harap Sofwan.

Diakhir Sofwan memerintahkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik. “Jadikan kegiatan ini untuk mengukur dan menguji efektivitas serta produktivitas baik dari segi kemapuan individu personel maupun pelaksanaan tugas yang sudah dilaksanakan serta mampu menghasilkan rumusan atapun produk yang berkualitas untuk dapat dijadikan pedoman pada pelaksanaan tugas dilapangan ke depannya.  (Bidhumas)

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …