Gugah Semangat Anak Papua Dalam Nusantara Gemilang, Dirbinmas Sambangi SMA N 1 Ciruas

Serang – Sosialisasikan Nusantara Gemilang, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto gugah semangat Siswa-siswi SMA N 1 Ciruas untuk turut serta memeriahkan perlombaan karya dan kreatifitas dalam Nusantara Gemilang pada Selasa (24/5)

Untuk diketahui, Nusantara Gemilang merupakan langkah Polri dalam upaya pembinaan Orang Asli Papua (OAP) di luar Papua, yang merupakan ide atau gagasan atas kunjungan ke Polri oleh public figure Denny Malik dan Edo Kondologit dalam menyampaikan kerinduan, inspirasi, ide dan cita-cita untuk mengajak generasi muda nusantara berkarya lewat seni dan budaya.

Untuk menyemarakkan acara tersebut, Polda Banten terjun langsung bertatap muka dengan Siswa-siswi Papua yang menimba ilmu di Daerah Hukum Polda Banten, guna mensosialisasikan apa saja yang akan dipersiapkan untuk ikut serta dalam lomba Nusantara Gemilang, salah satunya SMA N 1 Ciruas.

“Dukungan penuh dari kami (Polda Banten) untuk mendorong dan memotivasi adik-adik Papua yang menimba ilmu di Banten, untuk ikut serta dalam lomba Nusantara Gemilang,” ujar Dirbinmas.

Adapun yang akan ditampilkan terkait karya dan kreatifitas yang berbasis seni dan budaya Indonesia
yang menjadi ciri khas Banten, “Saya sampaikan kepada adik-adik, bahwa nantinya akan ada tim dimana komposisinya beragam suku bangsa, dengan 10 hingga 15 anggota dalam satu tim. Nantinya kita padukan sebagai wujud kebersamaan, keberbauran dan keakraban antar Pemuda/i,” jelas Sofwan.

“Untuk apa saja yang akan ditampilkan antara lain rampak bedug, lagu khas Banten dengan iringan musik khas Papua serta Bela Diri Banten. Tentunya kita akan tonjolkan budaya khas Banten, meski dari 3 budaya tersebut masih dalam pembahasan lebih lanjut,” imbuh Dirbinmas.

Masih Dirbinmas, bahwa Nusantara Gemilang merupakan ide yang sangat baik dari Pimpinan Polri dalam merajut keberagaman suku bangsa, jalin kebersamaan, keberbauran serta keakraban antara Pemuda dan Pemudi Papua dengan masyarakat setempat tentunya. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …