Kabid Humas Polda Banten Himbau Langkah-Langkah Dalam Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa


Serang – Pasca terjadinya gempa magnitudo 6,7 SR di Barat Daya Sumur-Banten pada Jumat (14/01) pukul 16.00 WIB. Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak panik.

Kombes Pol Shinto Silitonga memberikan himbauan adanya sejumlah upaya yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi.

Jika sedang berada di dalam ruangan maka berlindunglah di bawah meja, pintu, atau berdiri di sisi bangunan yang kuat, seperti pojok bangunan yang memiliki kerangka.

Lindungi kepala dari risiko terkena reruntuhan benda keras, seperti menggunakan helm atau bantal.

Lalu, matikan semua peralatan yang menggunakan api dan listrik, demi mengghindari kebakaran atau korsleting.

Jangan gunakan lift, sebagai gantinya keluar lah dari gedung menggungakan tangga darurat.

Setelah sampai di luar ruangan, jangan berdiri di bawah tiang, bangunan yang terlihat rapuh, pohon, atau instalasi listrik.

Perhatikan juga kondisi sekitar, waspadai barang-barang yang ada di sekitar, karena siapa tahu getaran gempa akan menjatuhkan mereka dan menimpa tubuh.

Kemudian, apabila gempa terjadi saat kita sedang menyetir kendaraan, usahakan untuk menghindari persimpangan jalan dan tepikan kendaraan di sebelah kiri, karena jika tetap melaju kita bisa kehilangan kendali pada kendaraan yang tengah kita bawa.

Diakhir, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik tetap tenang dan waspada serta memantau update informasi resmi dari BMKG Provinsi Banten. “Masyarakat dihimbau untuk tidak panik juga terpengaruh dengan pemberitaan di media sosial, terutama terhadap isu-isu yang belum pasti cari sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Shinto Silitonga. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …