Kanit Binmas Polsek Cibaliung Polres Pandeglang Dampingi Mantri Hewan Laksanakan Vaksin terhadap Hewan Ternak

PANDEGLANG,– Dalam upaya melakukan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan dan ternak, Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Pandeglang kembali melaksanakan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan kali ini digelar di kandang ternak di Kecamatan Cibaliung dengan pendampingan Kanit Binmas Polsek Cibaliung Bripka Dede dan sejumlah petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Kapolsek Cibaliung Polres Pandeglang Akp Pupu Syaripudin, SH mengungkapkan, dalam pelaksanaan vaksin PMK, pihaknya bersama aparat terkait telah melaksanakan pendataan di wilayah hukumnya.

“Untuk hari ini jadwal vaksin PMK di kandang ternak Sapi di kec. Cibaliung dengan sasaran 20 dosis vaksin ternak sapi ” ungkap Akp Pupu Syaripudin,SH mewakili Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah.

Atas vaksinasi PMK tersebut, Kapolsek berharap seluruh hewan ternak di wilayah hukumnya terhindar dari PMK.

“Semoga di wilayah hukum kami, umumnya Polres Pandeglang tidak ada ternak terjangkit PMK,” harapnya.

Ia menambahkan, adapun ciri-ciri hewan terinfeksi PMK yaitu apabila mengeluarkan air liur yang berlebihan, sebab biasanya hanya sedikit liur, ada lesi di mulut, pada kaki ada luka juga terus nafsu makan berkurang.

“Untuk mencegahnya, kami imbau masyarakat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan selalu desinfektan sekitar kandang,” tandasnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …