Kapolda Banten Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa


Pandeglang-Pasca terjadinya gempa 6,7 SR pada hari Jumat, tanggal 14 Januari 2022, sekitar pukul 16:05 WIB yang berlokasi di Barat daya Sumur Banten, Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto datang langsung meninjau dampak gempa dan berikan bantuan kepada masarakat yang terdampak.

Kapolda Banten bersama Pejabat Utama Polda Banten meninjau langsung ke salah satu desa yang terdampak gempa yakni di Desa. Kertamukti, Kec. Sumur, Kabupaten Pandeglang pada Sabtu (15/01) pagi.

Dalam kesempatan ini Kapolda Banten bersama rombongan meninjau dapur umum Polda Banten yang sudah disiapkan oleh Satbrimobda Polda Banten. “Hari ini kami meninjau langsung lokasi kejadian gempa, kami melihat ketersediaan pelayanan kesehatan, ketersediaan fasilitas di lokasi pengungsian seperti fasilitas dapur umum yang disediakan, serta meninjau beberapa lokasi yang terdampak gempa, yaitu di SD Kertamukti 2 Desa Kertamukti, Kecamatan Sumur,” kata Rudy Heriyanto.

Setelah meninjau dapur umum, Rudy berjalan kaki mendatangi warga dan berkomunikasi secara langsung kepada warga yang terdampak gempa. “Kami juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa, mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak bencana gempa,” ujar Rudy.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan bentuk perhatian Polda Banten kepada masyarakat yang terkena dampak gempa dengan cara memberikan bantuan,” tambah Rudy.

Nenek Kusniah yang sudah berusia 70 tahun sangat bahagia mendapatkan bantuan dari Kapolda Banten. “Terima kasih Bapak Kapolda Banten yang telah memperhatikan kami yang terkena dampak gempa, bantuan ini sangat membantu bagi kami warga yang terdampak gempa,” ucapnya.

Terakhir Rudy Heriyanto mengatakan semoga dengan kehadiran Polri ditengah masyarakat dapat membantu masyarakat yang terdampak bencana dan semoga tidak terjadi bencana alam susulan. “Kami menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan berhati-hati, mudah-mudahan tidak terjadi gempa susulan, siuasi saat ini aman dan kondusif,” tutup Rudy Heriyanto.

Sebagaimana diketahui bahwa Gempa bermagnitudo 6,7 yang mengguncang Barat Daya Sumur, Banten mengakibatkan 54 unit rumah, 3 unit sekolah mengalami kerusakan, 2 unit Musholla mengalami kerusakan, 1 unit puskesmas mengalami kerusakan dan 1 orang mengalami luka berat, sedangkan untuk di wilayah Kabupaten Lebak mengakibatkan 40 rumah rusak, 3 unit sekolah rusak, dan 2 orang mengalami luka ringan. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …