Kapolda Banten Dampingi Wakapolri Tinjau Pelabuhan Merak Cek Kesiapan Pengamanan dan Prokes


Serang – Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto mendampingi kunjungan kerja Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono ke Pelabuhan Merak dalam rangka memastikan kesiapan Polda Banten dalam pengamanan arus mudik Idul Fitri 1443 H pada Jumat (29/04).

Dalam kunjungannya, Wakapolri bersama sejumlah PJU Mabes Polri didampingi Kapolda Banten dan General Manager ASDP Lutfi Pratama serta para PJU Polda Banten.

“Benar, hari ini Bapak Wakapolri bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Merak, dimana Pelabuhan Merak merupakan perbatasan pulau Jawa menuju Sumatera,” ujar Rudy Heriyanto.

Rudy Heriyanto mengatakan Wakapolri beserta rombongan mengunjungi Posko Terpadu Pelabuhan Merak dan Pos Pelayanan Kesehatan Pelabuhan Merak. “Ya, tadi Bapak Wakapolri berinteraksi langsung dengan pemudik yang ada di Pelabuhan Merak, kemudian sempat mengecek Prokes di Kapal Feri Dermaga 6,” kata Rudy Heriyanto.

Saat diwawancarai, Gatot Eddy mengatakan ingin melihat langsung situasi di Merak ini sehubungan dengan mobilitas masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman. “Kita melihat pada hari ini, volume kendaraan masih cukup tinggi untuk antri menuju kapal,” ucap Gatot Eddy.


Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kapolda Banten dengan stakeholder terkait ialah volume kendaraan masih tinggi, karena dihari normalnya kendaraan itu 6000-7000 perhari, tapi kemaren Jumat (29/04) sampai dengan 31.000 kendaraan.

“Adanya peningkatan jumlah kendaraan yang mudik dari Jawa menuju Sumatera, ini menjadi panjangnya antrian menuju kapal Feri, tentunya ada faktor lain selain volume yaitu hujan, angin, ombak akan menghambat kapal ini menuju Sumatera,” ungkapnya.

Gatot Eddy menambahkan bahwa pihak ASDP menyiapkan 42 kapal dan 1 kapal cadangan untuk antisipasi. “Saya harapkan kepada masyarakat yang akan mudik dengan menunggu waktu yang panjang ini agar bersabar karena memang terjadi peningkatan volume kendaraan, semoga dalam perjalanan tetap selamat sampai tujuan,” tutupnya. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …