Kapolres Cilegon Dampingi Kapolri Tinjau Langsung Arus Mudik di Pelabuhan Merak


Cilegon – Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono, Sik, SH bersama Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto mendampingi kunjungan kerja Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam rangka meninjau langsung arus mudik di Pelabuhan Merak, Sabtu (30/04).

Dalam kunjungannya, Kapolri bersama sejumlah PJU Mabes Polri didampingi Kapolda Banten, Dirut ASDP Ira Puspa Dewi, Dirjen Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi dan GM ASDP Merak Lutfi Pratama serta para PJU Polda Banten.

Dalam kesempatan ini Kapolri juga mendengarkan presentasi dari pihak ASDP. “Hari ini saya melaksanakan peninjauan langsung dari udara maupun mendengarkan presentasi terkait dengan kegiatan penanganan arus mudik di pelabuhan merak, Cilegon Banten,” ujar Kapolri dalam keterangannya di depan Gedung Utama ASDP Merak.

Dalam sambutannya Kapolri mengungkapkan jika jumlah pemudik di Pelabuhan Merak pada tahun ini meningkat sangat signifikan. “Kita lihat di H-3 dan H-4 terjadi peningkatan yang sangat luar biasa dibanding dengan tahun 2019 saat sebelum pandemi, pada saat itu puncak arus mudik kurang lebih sebanyak 28.000 kendaraan. Tapi di H-3 dan H-4 tahun ini tertinggi di angka 37.000 kendaraan. Sementara kita tahu kapasitas normal di Pelabuhan Merak menampung kurang lebih 19.000 kendaraan sehingga diperlukan adanya rekayasa tambahan,” jelas Listyo Sigit.

Listyo juga mengatakan jika kepolisian dan pihak terkait sudah membuat beberapa rekayasa dan inovasi untuk mengurai kepadatan kendaraan tersebut. “Tadi sudah dijelaskan sudah ada tambahan kapal yang awalnya 34 kapal saat ini sudah 44 kapal. Kemudian ada penambahan terkait dengan pelabuhan yang sudah disiapkan di sekitar lokasi Merak yaitu Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan BBJ Bojonegara dengan total penambahan 11 kapal,” tambahnya.

Kapolri berharap dengan penambahan pelabuhan-pelabuhan ini bisa menambah kapasitas penumpang yang tentunya dapat digunakan untuk memberikan pelayanan. “Kami berharap mudah-mudahan dengan penambahan-penambahan ini bisa mempercepat proses agar masyarakat bisa segera berangkat. Ini semua disiapkan untuk mempercepat agar kepadatan kendaraan bisa segera terurai,” ucap Listyo.

Selanjutnya, Kapolri menghimbau masyarakat untuk membeli tiket penyeberangan secara online karena akan mempengaruhi kecepatan. “Silahkan yang belum mudik untuk reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi yang sudah disediakan. Karena akan membantu membercepat proses dalam loading ke kapal. Namun demikian semua akan tetap dilayani, baik itu yang pembelian tiket online maupun tiket yang beli secara langsung di loket pelabuhan,” himbau Listyo.

Terakhir, Kapolri meminta kepada seluruh personel yang bertugas untuk terus memberikan pelayanan terbaik. “Berikan sosialisasi penjelasan kepada masyarakat sehingga semuanya bisa tersosialisasi, terjawab dan yang menjadi kendala atau masalah bisa diselesaikan serta dibantu,” tutup Kapolri.

Pasca mendengarkan presentasi, Kapolri menyempatkan berinteraksi langsung dan menyapa pemudik yang sedang menunggu kapal di Dermaga 1 Pelabuhan Merak.

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …