Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro mendampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol. H. M. Sabilul Alif dalam acara Apel Deklarasi Polisi RW Jajaran Polres Cilegon Tahun 2023 yang bertempat di Alun-alun Polres Cilegon pada Selasa (30/05/23).

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro membenarkan bahwa pada hari selasa tanggal 30 Mei 2023 sekira jam 07.20 Wib Polres Cilegon Polda Banten menggelar deklarasi Polisi RW dalam acara tersebut selaku pimpinan apel Wakapolda Banten Brigjen Pol. H. M. Sabilul Alif .

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Widiatmoko, Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Riko Junaldy, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Dandim 0632/Cilegon, Kajari Cilegon, Kalapas kelas III Cilegon, Forkompimda Kabupaten Cilegon, Para Tokoh Ulama Cilegon dan diikuti oleh Personel Polres Cilegon dan Polsek Jajaran.

Dalam sambutannya Wakapolda Banten Brigjen Pol. H. M. Sabilul Alif menyampaikan tujuan dari hadirnya Polisi RW. “Pada Provinsi Banten terdapat 7.543 RW sedangkan untuk wilayah Kabupaten Lebak terdapat 1.700 RW, Tugas pokok Polisi RW adalah Polisi hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menjadi problem solving, azas kemitraan, azas kesetaraan, mampu membantu masyarakat dalam persoalan sosial di masyarakat,” jelas Sabilul.

Kemudian Wakapolda Banten berpesan kepada seluruh peserta apel yang hadir untuk menjadi seorang Polisi RW yang mampu memberikan edukasi positif dan proaktif kepada masyarakat. “Dengarkan keluhan dan berikan solusi jalan keluarnya secara tepat, jadilah seorang Polisi RW yang mengayomi, sebagai kepanjangan tangan dari atasan guna menjamin situasi kamtibmas di lingkungannya, sehingga tujuan cooling system dari program Polisi RW ini dapat tercapai,” ujar Sabilul.

Terakhir Sabilul mengungkapkan harapannya kepada Polisi RW agar mampu membantu tugas pimpinan untuk memupuk masyarakat dengan edukasi kepolisian secara lebih dekat lagi, merawat Kamtibmas di lingkup yang lebih kecil, sehingga anggota tersebut mampu memahami dinamika masyarakat di lingkungannya. “Buah manis yang akan kita petik adalah terciptanya kondusifitas Kamtibmas dan mampu mencegah terjadinya kejahatan, karena mencegah kejahatan merupakan sebuah kemuliaan.

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro mengharapkan kepada masyarakat kota Cilegon dan Kabupaten Serang yang wilayahnya berada di daerah Hukum Polres Cilegon Polda Banten untuk bekerjasama untuk menciptakan Harkamtibmas agar situasi Kondusif di daerah hukum Polres Cilegon Polda Banten.”ujarnya.

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …