Kapolres Lebak: Alami Psikopatologi, Penyelidikan Kasus Dewa Matahari di Hentikan

LEBAK – Dengan viralnya Kasus Dewa Matahari, Jajaran Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Lebak Polda Banten melakukan Penyelidikan terkait adanya pengakuan pelaku inisial NT (62) sebagai Dewa Matahari.

Pemeriksaan terhadap NT dan saksi-saksi telah dilakukan guna menemukan ada atau tidak unsur tindak pidana dalam kasus tersebut. Koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak pun dilakukan oleh Polres Lebak.

Dalam press conferencenya Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan didampingi Kasat Reskrim AKP Indik Rusmono dan Ketua MUI Lebak Kyai H. Pupu Mahpudin mengatakan telah memeriksa saksi-saksi termasuk tokoh agama.

“Jajaran satreskrim Polres Lebak telah melaksanakan pemeriksaan terhadap saksi-saksi diantaranya diduga Pelaku NT alias AY, maupun saksi-saksi termasuk kita meminta keterangan tokoh agama seperti ketua MUI Kabupaten Lebak,” ujar Wiwin saat ditemui pada Kamis (14/07).

Wiwin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyelidikan guna mencari ada atau tidaknya unsur tindak pidana dalam kasus tersebut.

“Dari hasil Penyelidikan dengan melakukan pemeriksaan terhadap diduga pelaku dan para saksi, belum ditemukan adanya unsur tindak pidana dalam kasus tersebut seperti tindak pidana penistaan agama,” Ungkapnya.

Selain itu Wiwin juga menjelaskan pihak nya sudah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku NT alias AY ke dokter spesialis Kejiwaan sesuai dengan surat Nomor 001 pada Selasa (12/07) dan dari hasil pemeriksaan tersebut yang bersangkutan diindikasi gangguan kejiwaan.

“Psikopatologi yaitu diketemukan gejala gangguan jiwa yang dapat mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari sehingga disarankan kontrol ke psikiater dan meminum obat,” tutur Wiwin.

Dengan dasar hasil pemeriksaan tersebut proses penyelidikan dihentikan karena tidak memenuhi unsur tindak pidana dan yang bersangkutan mengalami psikopatologi kemudian yang bersangkutan akan dikembalikan.

“Karena hasil pemeriksaan menunjukan bahwa kasus ini tidak memenuhi unsur tindak pidana dan pelaku mengalami psikopatologi, maka kami akan megembalikan NT alias AY kemudian kami akan bekerjasama dengan MUI Lebak untuk melakukan pembinaan keagamaan serta pengobatan secara medis terkait penyakit gangguan kejiwaannya,” tukas Wiwin.

Sementara itu ketua MUI Lebak mengatakan akan melakukan pembinaan lebih lanjut kepada NT. “Kita akan terus melakukan pembinaan agar NT ini bisa kembali melanjutkan aktivitasnya sesuai dengan ajaran agama Islam yang benar,” tegasnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …