KPK Kembali Periksa Lima Tersangka Dugaan Suap Perizinan Transmart Cilegon

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – KPK akan kembali memeriksa lima tersangka dugaan korupsi terkait pengurusan perizinan pembangunan Transmart di Kota Cilegon.

Kelima tersangka itu, yakni Walikota Cilegon nonaktif TIA, Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Cilegon ADP, H seorang wiraswasta, project manager PT Brantas ABDU, dan legal manager PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) EW.

Selain itu, KPK juga dijadwalkan akan memeriksa lima saksi untuk tersangka Dirut KIEC, TDS dalam kasus tersebut.

Lima saksi yang akan diperiksa itu, yakni Manager Pengawasan PT KIEC Sugeng Rahardjo, Manager Service and Procurement PT KIEC Handi Harivan, Manager Bussines and Land Development PT KIEC M Hasyim, bagian Safety, Health, and Environment PT KIEC Rizal Amir, dan kasir PT Brantas Abipraya, Poniran.

Dalam penyidikan kasus itu, KPK tengah mendalami aliran dana dugaan suap terkait pengurusan perizinan pembangunan Mall Transmart di Cilegon tersebut.

“Kami sedang mendalami lebih lanjut terkait dengan informasi aliran dana terkait proses perizinan di sana, secara umum itu yang kami dalami,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (11/10/2017) dilansir antaranews.com.

Oleh karena itu, kata Febri, KPK juga mendalami bagaimana proses dan alur sampai kemudian ada alokasi sejumlah uang pemberian yang diduga suap terkait perizinan itu.

“Selain itu, tentu proses perizinannya juga kami dalami,” ucap Febri.

Dalam kasus ini, KPK mengamankan uang tunai senilai Rp1,152 miliar yaitu terdiri dari Rp800 juta yang berasal dari PT Brantas Abipraya (AB) dan Rp352 juta yang merupakan sisa uang Rp700 juta yang berasal dari PT KIEC.

TIA diketahui meminta Rp2,5 miliar namun akhirnya disepakati sebesar Rp1,5 miliar dengan rincian Rp800 juta berasal dari PT BA dan Rp700 juta berasal dari PT KIEC yang ditransfer ke rekening Cilegon United Football Club untuk menyamarkan penggunaan uang sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan alias corporate social responsibility (CSR)

Editor   : Muridi
Publish : iman
Sumber : bantennews.co.id

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …