Peringati Harganas ke-29, Pj Gubernur Banten: Keluarga Berperan Penting Dalam Mencegah Stunting

Serang – Peran keluarga sangat penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Dalam proses peningkatan itu, keterlibatan keluarga dalam mencegah terjadinya stunting sangat fundamental guna mewujudkan generasi yang berprestasi.
Hal itu disampaikan Al Muktabar pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022 di Kampung Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa (12/7/2022).
Al Muktabar mengungkapkan, Harganas ini tidak hanya diperingati sebagai momentum tahunan saja. Harganas harus dimaknai dalam rangka pengembangan sistem nilai-nilai yang ada di dalam keluarga itu sendiri.
“Karena sejatinya, jiwa kita itu terbentuk dari nilai-nilai sistem yang ada pada keluarga. Maka dari itu, pola asuh dalam keluarga sangat menentukan masa depan kita seperti apa nantinya,” ujarnya.
Selain itu, lanjut Al Muktabar, semangat Harganas memiliki makna-makna perjuangan. Karena hidup ini sendiri merupakan sebuah arena perjuangan. Dalam membangun sebuah keluarga, dibutuhkan sebuah perjuangan agar tercipta keluarga yang sejahtera.
“Dengan dibangunnya rasa cinta di dalam keluarga, maka kelak akan menumbuhkan suatu kebahagiaan. Dimana kebahagiaan tersebut merupakan bagian dari output dalam tatanan keluarga yang memberikan sesuatu dan menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga menekankan, peran para kader PKK, Posyandu dan para pemangku kepentingan lainnya pada tingkat Desa dan Kelurahan menjadi penting dalam penanganan stunting.
“Kita akan sangat fokus ke arah penanganan stunting dan gizi buruk. Dengan kita fokus menjalankannya bersama-sama, insya Allah semuanya akan menjadi cepat tertangani dan lebih efektif,” ucapnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …