POLRES KOTA TANGERANG GREBEK PRODUSEN KOSMETIK ILEGAL

img_2804

Tribratanewsbanten.com  – Jajaran Polresta Tangerang polda banten melakukan penggerebekan di rumah produksi kosmetik ilegal pada akhir September 2016.

Lokasi penggerebekan terletak di dalam sebuah perumahan di Kp. Telaga Bestari Blok H3 No. 11 RT 02 / RW 03 Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang.

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Asep Edi Suheri,SIK menjelaskan bahwa pemilik produksi kosmetik tak berizin ini telah melakukan tindak pidana kefarmasian.

“Pelaku sudah beroperasi memproduksi kosmetik ilegal ini sudah dua Minggu,” ujar Kapolres saat menggelar press release di Mapolresta Tangerang ,Rabu (5/10/2016).
Pemilik usaha memperkerjakan sekitar 10 karyawan dalam memproduksi kosmetik tersebut. Mereka bekerja setiap harinya di rumah berlantai dua itu.

“Untuk tersangka yakni pengelola usaha sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Kami sudah mengantongi identitasnya,” ucapnya.

Kapolres menyebut pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi. Ada empat saksi dimintai keterangan.

“Para saksi yang kami interogasi ada empat orang. Mereka merupakan karyawan dari usaha pembuatan kosmetik ilegal ini,” kata Kapolres.

Bahkan para karyawan yang dipekerjakan tak mengerti soal farmasi. Mereka tak punya keahlian dan dipaksakan untuk pembuatan kosmetik tersebut.

“Ada 22 jenis barang bukti produk kosmetik yang berhasil kami amankan,” ungkapnya.

Barang bukti tersebut di antaranya 47 dus ever white, 24 plastik cream sebagai bahan pembuatan, 15 diregen cairan kimia, 3140 cup cream pemutih serta 625 botol cairan pemutih wajah.

“Ini merupakan kejahatan kemanusiaan. Atas perbuatannya itu tersangka dijerat Pasal 197 tentang kesehatan. Ancamannya 12 tahun kurungan penjara,” paparnya.

Polisi berhasil mengungkap adanya pabrik kosmetik ilegal ini atas laporan warga dan BPOM Serang. Setelah diselidiki bahwa memang di rumah produksi tersebut melakukan pembuatan kosmetik yang dapat membahayakan si pemakainya.

“Ini murni tindak kejahatan. Daya beli masyarakat terganggu di jaman seperti ini, sehingga memilih produk yang murah,” tutur Kepala BPOM Serang.

About

Check Also

Anev Operasi Ketupat Maung 2024 Bidang Lalu Lintas Polda Banten

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten telah melaksanakan Operasi Ketupat Maung 2024. Operasi Ketupat ini berlangsung …