Polsek Picung Bersama Dampingi Vaksinasi PMK untuk Hewan Ternak

Polsek Picung – Dalam upaya melakukan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan dan ternak, Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Pandeglang kembali melaksanakan vaksin PMK, Kamis (04/08/2022).

Kegiatan kali ini digelar di beberapa kandang ternak di Kecamatan Picung dengan pendampingan PS Kanit Binmas Polsek Picung Aipda Didit Kusyunianto dan sejumlah petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Kapolsek Picung Polres Pandeglang IPTU Aris Munandar mengungkapkan, dalam pelaksanaan vaksin PMK, pihaknya bersama aparat terkait telah melaksanakan pendataan di wilayah hukumnya.

“Untuk hari ini jadwal vaksin PMK di beberapa kandang ternakdi kec. Picung dengan sasaran 15 dosis vaksin ternak sapid an kerbau,” ungkap IPTU Aris mewakili Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah.

Atas vaksinasi PMK tersebut, Kapolsek berharap seluruh hewan ternak di wilayah hukumnya terhindar dari PMK.

“Semoga di wilayah hukum kami, umumnya Polres Pandeglang tidak ada ternak terjangkit PMK,” harapnya.

Ia menambahkan, adapun ciri-ciri hewan terinfeksi PMK yaitu apabila mengeluarka air liur yang berlebihan, sebab biasanya hanya sedikit liur, ada lesi di mulut, pada kaki ada luka juga terus nafsu makan berkurang.

“Untuk mencegahnya, kami imbau masyarakat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan selalu desinfektan sekitar kandang,” tandasnya.

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …