Reformasi Setengah Hati Menjadikan Birokrasi Mau Mati

chryshnanda-dl

tribratanewsbanten.com - Ada sesuatu yang menggelitik buat kita renungkan di antara gembar gembor teriakan reformasi birokrasi, mari berubah, perubahan mind set, yaitu ungkapan : ” kami merubah, kami dipindah”.

Apakah ini suatu ketakutan, kepura-puraan atau kejujuran? Ini suara hati yang jujur merefleksikan betapa kekuatan, kekuasaan bisa mematikan hidup dan kehidupan didalam birokrasi. Nilai yang dianut masih pada jabatan basah dan kering, kekuasaan, previlage dan banyak hal yang jauh dari pelayanan kepada publik dalam mewujudkan keadilan sosial. Ketakutan dan kecintaan pada jabatan menjadi sesuatu yang membuat tidak lagi mengutamakan profesionalisme. Menyenangkan pimpinan dengan berbagai pendekatan personal, bahkan ilegalpun rela dilakukan.

Birokrasi patrimonial mengagungkan kekuasaan tak jarang membuat ketakutan bahkan terbelenggunya pikiran-pikiran kaum bawahan. Siapa berani langsung dieksekusi, dijudge tidak loyal, membangkang, tidak bisa diatur, kaku, ekstrim dan banyak tudingan lainya. Tak jarang primordialpun digunakan untuk menjatuhkan. Legitimasi dalam membunuh karakter yang mudah dan biaya murah adalah dengan hal-hal yang berbau sara. Issue-issue kebencian ditabur memprovokasi untuk membakar rasionalitas banyak orang. Cara pandang sempit, diskriminatif menjadi sesuatu yang lumrah dan menjadi core dari premanisme.

Reformasi setengah hati menjadikan birokrasi mau mati. Kepura-puraan yang terus ditumbuhkembangkan tanpa ragu, tanpa malu rakyat yang sudah sekarat dijadikan obyek sasaranya. Apa yang dikata dalam pelayanan publik berbeda bahkan bertentangan dengan apa yang menjadi kenyataan. Bagi orang-orang bawahan, kaum marginal tak bisa berbuat banyak selain pasrah dan mengumpat di belakang. Perubahan bukan tugas dan kewajiban rakyat maupun bawahan, melainkan tugas dan kewajiban serta tanggung jawab sang pemimpin di semua lini.

About

Check Also

Sampaikan Pesan Kamtibmas Melalui Sambang Dialogis Polsek Kskp Banten Polres Cilegon Polda Banten

Guna berupaya mengimplementasikan Program Quick Wins Presisi Polri dan Cooling System Polres Cilegon Polda Banten …