Tekankan Pelayanan Unjuk Rasa, Ditsamapta Polda Banten Sosialisasi Via Talkshow di Megaswara FM

SERANG – Ditsamapta Polda Banten menggelar kegiatan Talk Show sosialisasi terkait Pengendalian Massa Unjuk Rasa di Radio Megaswara 91.4 FM Jl. lingkungan Sayabulu Serang, Selasa (12/10).

Dalam talkshow ini yang menjadi narasumber yaitu KBO Ditsamapta Polda Banten AKBP Syamsul didampingi Kasubbid Penmas AKBP Meryadi beserta Danki Dalmas Ditsamapta Polda Banten AKP Zaenudin.

Dipandu oleh penyiar radio Megaswara 91.4 FM Serang Mba Wina, KBO Ditsamapta Polda Banten AKBP Syamsul mensosialisasikan tentang Tugas Pokok Direktorat Samapta.

Tugas Pokok Direktorat Samapta adalah melaksanakan tugas preventif yaitu melaksanakan kegiatan untuk mencegah terjadinya pelanggaran hukum dan gangguan Kamtibmas dengan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, yang bertujuan melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

“Dimana kita ketahui terjadinya suatu kejahatan karena adanya unsur niat dan kesempatan, kegiatan preventif ini guna menghilangkan kesempatan bagi masyarakat yang berniat melakukan kejahatan,” ujar Syamsul.

Selain melaksanakan kegiatan preventif, Ditsamapta juga melaksanakan pengamanan unjuk rasa oleh Unit Pengendalian Massa (Dalmas) secara kompi atau peleton dalam rangka menghadapi massa pengunjuk rasa sesuai Peraturan Kapolri No. 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

Selain itu Ditsamapta Polda Banten mempunyai Program Nong Jawara Go To School “Dimana program ini adalah upaya anggota Ditsamapta Polda Banten khususnya Polisi Wanita di Subbid Tugas Umum (Gasum) untuk mengunjungi sekolah-sekolah mensosialisasikan tentang kenakalan remaja sekaligus memberi arahan kepada pelajar,” ucap Syamsul.

“Selain Program Nong Jawara Go To School, Ditsamapta Polda Banten juga dalam waktu dekat akan melaksanakan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) dengan menugaskan beberapa anggota Ditsamapta Polda Banten untuk melaksanakan patroli dialogis,” tambah Syamsul.

Kasubbid Penmas AKBP Meryadi juga mengimbau kepada masyarakat bahwa polisi melakukan pengamanan bukan sebagai musuh melainkan untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif.

“Saya imbau kepada massa pengunjuk rasa dalam menyampaikan aspirasi lakukanlah dengan cara yang santun, tidak berlebihan dan anarkis dan jangan merusak fasilitas yang ada,” tutup Meryadi.

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …