Urai Kepadatan Pelabuhan Merak, Polda Banten Fasilitasi Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat


Cilegon-Menindaklanjuti perintah Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto terkait penggunaan pelabuhan terdekat dengan Pelabuhan Merak untuk mengurai kepadatan arus mudik, maka Polda Banten memfasilitasi pengoprasian Pelabuhan Indah Kiat, Merak pada Kamis (28/04).

Pelabuhan Indah Kiat sendiri dikhususkan untuk menampung kendaraan logistik yang akan menyeberang ke Sumatra, dengan jarak kurang lebih 1,5 KM dengan Pelabuhan Merak.

Kepala KSOP Kelas 1 Banten Capt Barlet, MM mengatakan jika pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Banten. “Atas koordinasi dengan pihak Polda Banten kami menyiapkan kapal KM Mutiara Perindo VII untuk sandar di Pelabuhan Indah Kiat agar dapat mengangkut kendaraan logistik sehingga dapat menambah dan membantu pengoperasian Dermaga Merak agar mengurai kepadatan kendaraan di jalur mudik ini,” ujar Barlet.

Barlet menambahkan jika pembelian tiket di Pelabuhan Indah Kiat ini masih terintegrasi dengan ASDP Merak. “Untuk kendaraan logistik yang sudah membeli tiket menyeberang di Pelabuhan Merak menggunakan aplikasi Ferizy dapat langsung menuju Pelabuhan Indah Kiat karena sistem tiketnya terintegrasi,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Komersil dan Operasional PT. Atosim Lampung Pelayaran Asep Suparman selaku pengelola KM Mutiara Perindo VII mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu alternatif untuk mengurai kemacetan di jalur mudik menuju Pelabuhan Merak. “Inilah perdana pemberangkatan dari Pelabuhan Indah Kiat menuju Pelabuhan Panjang Lampung. Kita bisa mengangkut kendaraan logistik yang tidak terangkut di Pelabuhan Merak. Saat ini kami mengangkut 114 kendaraan barang dan 5 mobil pribadi” kata Asep.

Asep berharap dengan dioprasikannya kapal ini dapat membantu mengurai kemacetan. “Kapal kami merupakan salah satu kapal roro terbesar di Indonesia dengan panjang 196 Meter dan memiliki daya tampung sebanyak 200 truk atau 600 kendaraan kecil. Sehingga kami berharap dengan dioprasikannya kapal kami dapat mengurai kepadatan kendaraan di jalur mudik,” tambahnya.

Selanjutnya Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom mengungkapkan jika pengoprasian Pelabuhan Indah Kiat merupakan tindak lanjut Perintah Kapolda Banten. “Semoga dengan mulai dioprasikannya Pelabuhan Indah Kiat ini dapat menjadi solusi kepadatan kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak,” kata Reinhard Gultom.

Terakhir, Gultom mengatakan jajarannya siap melakukan pengamanan baik di jalur laut maupun di kapal. “Untuk mengamankan jalur perairan, saat ini kami sudah melaksanakan patroli menggunakan 18 kapal potroli kita,” tutupnya. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …