Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon Fasilitasi Problem Solving di Masyarakat

Cilegon ~ Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, para Personel Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten, seringkali menemukan permasalahan yang timbul/problem solving di tengah masyarakat sehingga perlu ditindaklanjuti agar situasi kamtibmas tetap kondusif. Jum’at (08/10/2021).

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, S.Ik, SH, yang saat ini diwakili oleh Kapolsek Mancak IPTU Dikdik Rustandi, S.Sos, saat dikonfirmasi di tempat terpisah menjelaskan bahwa dalam setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat/problem solving, tidak selalu harus melulu diselesaikan melalui jalur proses Hukum, oleh sebab itu menekankan kepada para personel Bhabinkamtibmas untuk bisa menjadi fasilitator dalam mekanisme musyawarah dalam permasalahan yang timbul tersebut.

Seperti yang terjadi di Desa Balekencana, akibat permasalahan keluarga akhirnya terjadi gesekan antara kedua belah pihak yang notabene masih keluarga besar, terkait permasalahan tersebut, BRIPKA Rubama sebagai Bhabinkamtibmas Desa Balekencana berusaha menjadi fasilitator untuk mempertemukan kedua belah pihak guna mendapat solusi penyelesaian bersama.

Rubama menjelaskan bahwa atas kesepakatan kedua belah pihak bersedia untuk duduk bersama asal bertempat di Mapolsek Mancak, turut serta dalam mediasi tersebut Kapolsek Mancak, Piket Reskrim dan staff Desa Balekencana, melalui pendekatan dialogis yang humanis akhirnya permasalahan dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, dikuatkan dengan pembuatan surat pernyataan bersama di atas materai, “Paparnya.

Kapolsek Mancak berharap bahwa para personel Bhabinkamtibmas mampu menjadi mediator dam fasilitator dalam setiap permasalahan yang timbul di tengah warga masyarakat Desa binaannya, melalui musyawarah mufakat juga merupakan salah satu cara penyelesaian perkara/Selra dalam ranah Hukum di Indonesia, “Pungkasnya.

About admin _

Check Also

Jelang Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Pandeglang, Pamatwil Polsek Patia Lakukan Monitoring

PANDEGLANG – Menjelang pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Pandeglang, Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *