Bidpropam Polda Banten Tegakkan Disiplin Anggota Polri

Serang – Sebagaimana tugasnya, Propam Polri khususnya bagian Provos tugasnya adalah menegakan ketertiban dan disiplin bagi anggota Polri serta mengamankan Internal Polri (pengamanan dalam Polri) dengan cara melakukan pengawasan dan pengendalian.

Salah satu upayannya yaitu melakukan pengecekan kehadiran anggota Polri, seperti halnya yang dilaksanakan anggota Subbid Provos Bidpropam Polda Banten yang melakukan pengecekan kehadiran terhadap anggota Polda Banten yang melaksanakan apel pagi di Polda Banten, Jumat (29/10).

Untuk anggota Provos langsung melaksanakan pengecekan kepada semua anggota Polda Banten yang melaksanakan apel pagi di masing-masing satuan kerja.

Kabidpropam Polda Banten KBP Nursyah Putra mengatakan bahwa tugas Propam Polri khususnya yang diemban oleh Provos adalah menegakkan ketertiban dan disiplin bagi anggota.

“Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 1 tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri dan Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri, maka dengan itu Provos berkewajiban mengecek kehadiran anggota, langsung melaksanakan absensi agar mengetahui kehadiran anggota sesuai daftar jumlah dan absensi yang sudah ada dimasing-masing kesatuan,” ujarnya.

“Kemudian untuk anggota yang tidak hadir agar ditanyakan kepada pimpinannya, karena bagi anggota yang tidak hadir tanpa alasan sama halnya dengan mangkir dari tugas dan bisa dikenakan Pelanggaran Kode etik. Anggota Provos harus berani menegur dan jangan takut, silahkan menegur dengan sopan sesuai dengan etika Polri sehingga tidak terjadi salah paham kedua belah pihak, agar semua perintah pimpinan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, ada kendala sampaikan langsung kepada pimpinan,” tambah Nursyah Putra.

Kemudian Kabid Propam juga menghimbau kepada anggota Provos bahwa dalam setiap kegiatan agar menjaga keselamatan, kesehatan dan patuhi Prokes.

Selain itu Subbid Provos Bidpropam Polda Banten juga sebagai etalase Polda Banten, jaga tutur prilaku, sikap tampang, berikan contoh sebagai suri tauladan bagi anggota Polri khususnya di Polda Banten.

Selama kegiatan berlangsung situasi aman, tertib lancar serta kondusif.

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …