CHAIR PATROL, JEMBATAN KOMUNIKASI DENGAN MASYARAKAT

fb_img_1505929198943

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Menindaklanjuti arahan pimpinan dalam rangka optimalisasi strong Point patroli Sabhara Polsek, sekaligus guna mendekatkan keakraban antara polisi dengan masyarakat. Polresta Tangerang menerapkan sistem chair patrol (patroli kursi).

Chair patrol adalah polisi membawa beberapa kursi di dalam mobil, Saat berhenti di suatu tempat, kursi itu dikeluarkan, Kemudian polisi menyapa warga dan mengajak berbincang, “Pola chair patrol ini selain untuk menjaga keamanan anggota dan masyarakat, juga sangat ekonomis, Karena polisi hanya perlu membawa kursi dan sudah bisa membangun interaksi dengan masyarakat sambil memantau kerawanan,” ujar Kapolresta Tangerang AKBP M. Sabilul Alif, Kamis (21/9)

Kapolresta menjelaskan, biasanya polisi patroli dan berhenti lalu nongkrong cangkruk di warung. Kebiasaan itu tentu tidak elok dipandang masyarakat. Bahkan, sebelumnya, mobil diparkir dan anggota di dalam menyalakan AC. Hal itu menunjukkan bahwa polisi tidak sigap, Bahkan polisi bisa menjadi korban kejahatan tanpa ada perlawanan.

“Dengan chair patrol, polisi tidak bersifat menara gading atau istana barbie. Sebab, chair patrol mengharuskan polisi duduk bersama masyarakat yang merupakan mitra egaliter. Maka dengan chair patrol, komunikasi antara polisi dan warga pun akan mengalami peningkatan dalam koridor kebersamaan,” kata Kapolres.

Masih Kapolres, Chair patrol dirancang semata-mata untuk meningkatkan pelayanan polisi kepada masyarakat. “Chair patrol merupakan salah satu implementasi bahwa polisi akan selalu ada untuk melayani dan mengayomi masyarakat,”tandasnya.

Kontributor : Humas Polresta Tangerang

Editor : Syarif Hidayatullah

Publish : Irwan Nova. A

About

Check Also

Pamatwil Polsek Curugbitung Mediasi Selesaikan Permasalahan Pilkades Desa Ciburuy

Lebak – Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Kecamatan Curugbitung AKBP Shinto Silitonga bersama Danyon Gas Yon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *