Ditbinmas Polda Banten Gelar Seminar Pencegahan Terorisme, Radikalisme dan Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

 

Serang – Ditbinmas Polda Banten bersama Korbinmas Baharkam Polri Tahun Anggaran 2023 melaksanakan seminar Program Prioritas Polri Kegiatan 2 “Upaya Penangkalan dan Pencegahan Terorisme, Radikalisme dan Intoleransi di Lingkungan Pendidikan” bertempat di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten pada Kamis (16/11).

Kegiatan dihadiri oleh Rektor UIN SMH Banten Prof. Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd didampingi Kasubditbintibsos Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Hari Purnomo, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol. Widiatmoko beserta seluruh personel Ditbinmas Polda Banten dan seluruh Mahasiswa UIN SMH Banten.

Dalam sambutannya Kasubditbintibsos Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Hari Purnomo menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut. “Tujuan diselenggarakan kegiatan upaya Penangkalan dan Pencegahan Terorisme, Radikalisme dan Intoleransi ini untuk mencegah meluasnya faham Terorisme dan Radikalisme di masyarakat khususnya dilingkungan pendidikan, juga memperluas wawasan, berbagi pengalaman, saling bertukar informasi serta masukan yang bermanfaat bagi kita dalam pelaksanan tugas,” kata Hari.

Hari Purnomo menyampaikan Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Terorisme, Radikalisme dan Intoleransi. “Dalam konteks pencegahan terorisme, masyarakat mempunyai andil besar di dalam lingkungan sosial dan mempunyai peran yang sangat penting. Masyarakat dapat berperan dalam mendeteksi keberadaan kelompok teroris dan radikal, partisipasi masyarakat dan lingkungan juga signifikan dalam mengungkap jaringan terorisme,” ujar Hari Purnomo.

Sementara itu Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Widiatmoko menjelaskan tentang kegiatan tersebut. “Pada hari ini, Kami menggelar seminar upaya Penangkalan dan Pencegahan Terorisme, Radikalisme dan Intoleransi di Kampus UIN SMH untuk memberikan himbauan serta wawasan kepada para mahasiswa agar terhindar dari paham Radikalisme dan Intoleransi,” kata Widiatmoko.

Widiatmoko menyampaikan dalam menghadapi ancaman terhadap kedaulatan NKRI tersebut, Polri telah menetapkan kebijakan melalui program Prioritas Polri, yang salah satunya pemantapan pemeliharaan Kamtibmas. “Salah satu ciri Polisi masa depan dalam masyarakat modern yang demokratis adalah mengutamakan pencegahan, oleh sebab itu dalam pemeliharaan Kamtibmaspencegahan langsung maupun tidak langsung menjadi perhatian utama untuk dilaksanakan,” ucap Widiatmoko.

Terakhir Dirbinmas Polda Banten mengungkapkan bahwa masyarakat tidak hanya sebagai obyek dalam pembinaan keamanan dan ketertiban akan tetapi setara untuk bersama-sama memecahkan masalah sosial atau keresahan sosial yang terjadi. “Untuk mewujudkan hal tersebut sangat penting terbangunnya sinergitas semua pemangku kepentingan dengan berbagai elemen masyarakat,” tutup Dirbinmas Polda Banten. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Polsek Malingping Polres Lebak Patroli Obyek Vital, Sasaran Perbankan Dan Perkantoran

Antisipasi gangguan kamtibmas dan kriminalitas di malam hari, Polsek Malingping Polres Lebak rutin melaksanakan giat …